androidvodic.com

Banyak Manfaat Puasa untuk Kesehatan Fisik Maupun Mental,Ini Cara Agar Optimal Selama Ramadan - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, JAKARTA - Puasa merupakan salah satu dari lima rukun Islam, penelitian menunjukkan bahwa puasa 'dikombinasikan' dengan semangat filantropi yakni memberdayakan, menenangkan, dan bekerja dengan baik untuk meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan.

Seperti yang disampaikan Psikiater Anak, Remaja dan Dewasa, sekaligus Direktur dan Ketua Dubai's American Wellness Centre untuk Kesehatan Mental Individu, Dr Muhammad S. Tahir.

Baca juga: Ujian Ramadan Umat Muslim Dunia: Kuwait Hadapi Cuaca Ekstrim, Islandia Miliki Durasi Terlama Puasa

"Ramadan bukan hanya tentang menahan diri dari makan dan minum sejak matahari terbit hingga terbenam.

Namun juga mengurangi rutinitas sosial yang padat, berfokus pada amal dan doa," kata Dr Tahir.

Dikutip dari laman Gulf News, Jumat (24/3/2023), dokter yang merupakan anggota pendiri Masyarakat Kesehatan Mental Anak Emirates UEA ini menguraikan tentang bagaimana puasa selama bulan Ramadan dapat membantu seseorang membersihkan pikiran dan mengatur ulang konsep hidupnya untuk sisa tahun ini.

Penelitian telah menunjukkan bahwa tindakan amal, betapapun kecilnya, dapat membantu mengurangi perasaan depresi dan kecemasan, meningkatkan harga diri dan suasana hati seseorang serta membantu merangsang seseorang secara mental sehingga membantu mereka untuk fokus dan memiliki tujuan.

Baca juga: Ramadan Tiba, Waktunya Melokal bareng Tribunnews!

Dr Tahir juga menekankan bahwa saat berpuasa, ada baiknya meluangkan waktu untuk meditasi dan melatih pernafasan dalam.

"Ini dapat membantu orang menjadi lebih tenang, merasa lebih terpusat, dan mengalihkan pikiran dari makanan dan minuman, selain itu juga dapat membantu orang tersebut untuk tidak mengeluh dan lebih sabar," jelas Dr Tahir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat