androidvodic.com

Pesantren Kilat Bersama Baznas Jadi Pelayaran Perdana KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 - News

Laporan Reporter News, Naufal Lanten

News, JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama TNI Angkatan Laut menggelar kegiatan Ekspresi (Ekspedisi Ramadan Penuh Inspirasi) Pesantren Kilat Ramadan di KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat (992).

Peserta berjumlah sekitar 300 orang merupakan siswa/siswi SMA dari seluruh Jabodetabek.

Ekspedisi Ramadan tersebut akan menjadi pelayaran perdana KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 setelah diresmikan di PT. PAL Surabaya pada Kamis (19/1/2023) lalu.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan, pihaknya telah berdiskusi dengan Baznas RI untuk mengadakan kegiatan keagaaman di atas kapal perang tersebut terutama di bulan suci Ramadan.

"Kenapa ini digunakan (berlayar) pertama kalinya dengan Baznas RI? Karena ini kita sudah diskusi perlu mengadakan acara kegiatan sosial, kegiatan yang baik," kata Ali di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Kamis (6/4/2023).

Menurut KSAL, program Ekspresi Baznas ini merupakan terobosan dari TNI AL dan Baznas di bulan Ramadhan.

Program ini bertujian untuk mengenalkan anak-anak muda tentang pentingnya ilmu agama termasuk berzakat, melalui berbagai kegiatan seperti bakti sosial di Pulau Pramuka, ceramah dan pengajian tentang tema keagamaan, deradikalisasi dan bela negara.

Selain melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan, peserta juga akan dikenalkan dengan kehidupan di kapal perang.

“Harapan kami, dengan program ini bisa mencetak generasi muda yang mencintai bangsa dan dilandasi akhlak mulia,” ujarnya.

Kepala Baznas Noor Achmad berharap kerja sama TNI AL dan BAZNAS tidak hanya tahun ini saja dan untuk kegiatan ini saja tapi berlanjut ke kerja sama dalam bentuk lainnya.

“Kapal ini informasinya baru beberapa bulan diresmikan, dan pelayaran pertama untuk para santri. Mudah-mudahan akan mendapatkan keberkahan, apalagi sekarang ini bulan Ramadhan,” ujar Noor.

Adapun dalam pelepasan ekspedisi ini turut hadir, Wakil Ketua Baznas RI Mohammad Mahdum, Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan, MA, serta jajaran pimpinan Baznas lainnya.

Baca juga: Sukseskan Mudik Lebaran 2023, TNI AL Siapkan Pengamanan Sekitar Pelabuhan 

Kegiatan Ekspresi Baznas akan berlangsung selama tiga hari dari Kamis sampai Sabtu, 6-8 April 2023.

Program Ekspresi Baznas sebagai upaya edukasi sekaligus transparansi tentang dana zakat yang dikelola oleh BAZNAS.

Baznas ingin agar anak-anak muzaki yang ikut dalam kegiatan ini mengetahui dan memahami ke mana dana Zakat, Infak dan Sedekah yang telah mereka salurkan.

Selama bulan Ramadhan, Baznas melakukan sejumlah program seperti membagikan paket iftar atau buka puasa dan sahur, Paket Ramadhan bahagia (PRB) bagi keluarga rentan, revitalisasi mushola dan program-program lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat