androidvodic.com

Berpuasa di Kedalaman 1.760 Meter Perut Bumi, Beginilah Aktivitas Pekerja Tambang Ketika Ramadan - News

News -- Umat Islam antusias menyambut Bulan Suci Ramadan 2024 yang jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024. Selama sebulan penuh, umat Islam akan menunaikan ibadah puasa menahan lapar sepanjang hari.

Banyak cerita unik tentang pelaksanaan puasa Ramadan. Tidak terkecuali, kisah inspiratif datang dari pekerja di area pertambangan milik BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mineral Industry Indonesia.

Kali ini, cerita datang dari karyawan anggota Grup MIND ID, PT Freeport Indonesia (PTFI). Meski bekerja dengan risiko yang cukup tinggi berada di perut bumi untuk mengoperasikan peralatan tambang, karyawan PTFI yang beragama Islam tetap menjalankan ibadah puasa selama Ramadan.

Baca juga: PLN Tambah Daya 60 Megavolt Ampere ke Smelter Freeport Indonesia di Gresik

Bekerja di kedalaman 1.760 meter di bawah permukaan tanah tak menyurutkan niat karyawan tambang PTFI dalam menunaikan ibadah puasa selama bulan Ramadan.

Masjid Baabul Munawwar yang berlokasi di daerah operasional tambang bawah tanah Deep Mile Level Zone (DMLZ) PTFI menjadi rumah bagi karyawan saat berbuka puasa bersama yang dilanjutkan dengan salat maghrib berjamaah.

Ketua DKM Masjid Baabul Munawwar, Gatot Kusbinuko mengatakan karyawan rutin melaksanakan salat maghrib berjamaah yang didahului berbuka puasa. "Karyawan yang bekerja shift malam biasanya berbuka puasa bersama di Masjid Baabul Munawwar lalu kemudian menjalankan salat maghrib berjamaah," kata Gatot.

Selain itu, kata dia, ustaz juga sengaja didatangkan untuk mengisi ceramah seusai salat berjamaah. "Pada momen tertentu ustaz didatangkan mengisi tausiah selepas salat berjamaah," katanya.

Baru setelahnya, karyawan kembali menunaikan kewajibannya untuk bekerja di perut bumi hingga jam istirahat sekitar pukul 23.30. "Jamaah baru kembali ke masjid ini untuk salat isya dan dilanjutkan salat tarawih berjamaah," katanya.

Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf mengatakan PTFI berkomitmen untuk mendukung karyawannya yang menjalankan ibadah puasa Ramadan. "PTFI melalui Yayasan Masyarakat Muslim (YMM) Freeport Indonesia terus berupaya memuliakan bulan suci dengan berbagai kegiatan bermanfaat bagi kelancaran ibadah kaum muslim di area operasional PTFI," katanya.

YMM mengakomodir sekitar 18 masjid dan musala yang tersebar di jobsite mulai dari Portsite hingga Grasberg. Karyawan bersama warga di lingkaran tambang PTFI melakukan kegiatan bermanfaat di seluruh masjid di area PTFI.

Selain itu, kegiatan buka puasa bersama juga dilakukan di masjid-masjid dengan jumlah jamaah yang cukup banyak. Menjelang berbuka puasa, jamaah mulai berdatangan ke masjid-masjid besar yang ada di Jobsite.

Baca juga: Menilik Lebih Detail Tambang Freeport di Papua, Yang Baru Saja Dikunjungi Rombongan Anggota DPR

"Semangat berjamaah begitu besarnya sehingga ramadhan tahun ini YMM mengundang total 24 asatidz tamu yang bakal mengisi tausiyah di masjid dan musala di Jobsite," katanya.

YMM juga bekerja sama dengan lembaga filantropi Rumah Zakat, untuk pengelolaan zakat, infak, sedekah, juga dana sosial lainnya melalui program-program yang memudahkan karyawan PTFI di jobsite untuk bersedekah.

“YMM melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ-YMM) menghimpun dana sedekah baik zakat maupun infaq yang akan diberikan kepada golongan ashnaf. Diantaranya banyak binaan dari LAZ yakni; anak yatim di Timika, Jayapura, Sentani, hingga di luar Papua. Anak-anak binaan berkesempatan mendapatkan lebih dari 217 beasiswa mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi,” kata Ketua YMM Freeport Indonesia, Edi Karyono Putro.

Terkini Lainnya

  • Ramadan 2024

  • Umat Islam antusias menyambut Bulan Suci Ramadan 2024 yang jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024. Selama sebulan penuh, umat Islam beribadah puasa

  • H+5 Lebaran, Sejumlah Masyarakat Antre Beli dan Batalkan Tiket Mudik di Loket Stasiun Pasar Senen

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat