androidvodic.com

Pelabuhan Bakauheni Mulai Dipadati Arus Balik - News

News, KALIANDA - Arus balik penumpang yang melalui Pelabuhan Bakauheni mulai terlihat Senin (13/9/2010). Sedangkan prediksi puncak arus balik akan terjadi pada Selasa (14/9) serta Sabtu-Minggu (18-19/9).

Menurut Zailis Anas, manajer operasional PT Indonesia Ferry (IF) cabang Bakauheni, puncak arus balik akan terjadi dua gelombang, gelombang awal terjadi pada Selasa  mendatang, kondisi ini disebabkan masa cuti bersama pekerja telah berakhir.

Untuk itu, kenaikkan penumpang dipastikan mulai terjadi Selasa dini hari hingga Rabu dini hari. Pemudik yang bakal datang pada waktu ini umumnya para pekerja yang bertujuan ke Jakarta, Jawa Barat dan Banten.  

Sedangkan untuk pelajar, mahasiswa atau pekerja yang miliki tujuan ke Jawa Tengah dan Yogyakarta kemungkinan akan datang mengalir. Hal itu akan mencapai puncaknya pada Sabtu-Minggu diakhir arus balik atau juga gelombang kedua.

”Kalau di Bakauheni berbeda dangan Merak, di sana para pemudik mengejar saat Idul Fitri yang waktunya sudah pasti, sedangkan disini pemudik bebas kapan saja ingin kembali,” ujar Zailis, Senin (13/9/2010).

Untuk itu di Bakauheni membludaknya pemudik tidak terjadi melainkan hanya kepadatan pemudik saja. Kendati demikian pihaknya sudah menyiapkan segala sarana dan prasarana di pelabuhan guna mendukung kelancaran arus balik.

Untuk pemudik bermotor, Zailis menjelaskan tidak bakal mengadakan dermaga khusus bagi sepeda motor. Hal itu berbeda dengan Pelabuhan Merak yang menyediakan dermaga IV dan V. Sedangkan untuk di Bakauheni akan dikondisikan seperti hari biasa.

 Zailis beralasan hal itu lebih manusiawi karena jika diadakan dermaga khusus bakal terjadi desak-desakan antar pengendara bermotor. Tentu hal ini akan memicu kecelakaan antar pemudik motor. Jadi peniadaan dermaga khusus motor lebih ditujukan guna keselamatan mereka sendiri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat