androidvodic.com

Tak Sengaja Telan Jarum Pentul, Pelajar Sumedang Akhirnya Naik Meja Operasi - News

News, BANDUNG - Irma Sopiani (16), pelajar asal Sumedang, yang tak sengaja menelan jarum pentul mendapatkan prosedur medis lanjutan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Rabu (20/12/2017), sekira pukul 12.00 WIB.

Hal itu dikatatakan oleh paman Irma, Dimas Apriana (33) kepada Tribun Jabar melalui pesan singkat.

"Sekarang Irma sedang naik meja operasi," ujarnya.

Baca: Saat Jokowi Bertemu Dosen Pembimbingnya yang Galak di UGM

Operasi medis yang dilakukan, sambungnya, adalah bronkoskopi untuk mengangkat jarum yang bersarang di rongga dada irma.

Dilansir dari laman docdoc.con, bronkoskopi adalah prosedur kesehatan yang dilakukan dengan memasukkan alat bernama bronkoskop melalui tenggorokan, laring, trakea ke dalam bronkus untuk melihat bagian toraks (dada).

Tindakan ini dapat dilakukan untuk mendiagnosis dan mengobati suatu penyakit serta mengambil sampel jaringan atau mukus melalui tindakan yang disebut biopsi.

Namun, dikatakan Dimas, jika prosedur medis itu belum berhasil, pihak RSHS akan melakukan bedah toraks.

Baca: Cerita Jokowi Saat Mahasiswa Bercelana Cutbrai dan Gondrong, Ingin Jadi Pegawai Perhutani

Operasi toraks, dilansir dari docdoc.com, adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari diagnosis dan tindakan operasi untuk gangguan kesehatan yang disebabkan oleh penyakit atau cedera pada kerongkongan, paru-paru, dan organ tubuh lain yang ada di dada.

Operasi toraks akan membutuhkan keahlian dari banyak dokter bedah, termasuk dokter bedah kardiotoraks, dokter spesialis penyakit jantung bawaan, dokter toraks umum, dan dokter bedah kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah).

Dimas pun minta didoakan agar prosedur medis yang dilakukan pada keponakannya dapat berhasil.

Sebagai informasi, Irma Sopiani yang merupakan siswi SMAN Tanjungsari, tak sengaja menelan jarum pentul ketika membetulkan kerudungnya di sekolah pada Senin (4/12/2017).

Irma adalah warga Dusun Ciseureuh, RT 03/05, Desa Kadakajaya, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang. (Yongky Yulius)

Artikel ini telah tayang di Tribun Jabar dengan judul: Akhirnya Gadis Penelan Jarum Asal Sumedang Dioperasi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat