androidvodic.com

Tiga Kali Survei, Indo Barometer Sebut Rindu Terus Ungguli Duo DM - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News, JAKARTA - Lembaga survei Indo Barometer sepanjang 2018 telah melakukan pengambilan sampel untuk survei Pilkada calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Barat sebanyak tiga kali.

Dikatakan Direktur Eksekutif Indo Barometer, M.Qodari, pasangan nomor urut 1 Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum atau Rindu memperlihatkan hasil yang sama.

Baca: Survei Indo Barometer, Pasangan Ridwan Kamil - UU Unggul di Jawa Barat

Survei pertama kali dilakukan pada 20 - 23 Januari 2018, Rindu mendapatkan perolehan suara 49.5 persen yang jauh lebih unggul dibanding Duo DM dengan 27.1 persen suara.

Survei kedua pada Maret atau 20-26 Maret lalu, masih menghasilkan keunggulan Rindu dengan 37.5 persen suara respon, disusul Dua DM 30.8 persen.

"Berdasarkan simulasi surat suara RK-UU dalam survei pada 7-13 Juni 2018 (survei ketiga), pasangan Rindu meraih 36.9 persen suara responden, disusul pasangan nomor 4 Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi dengan raihan suara 30.1 persen," jelas Qodari di hotel kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (20/6/2018).

Pada survei teranyar Indo Barometer, ujar Qodari, faktor yang dipertimbangkan responden dalam memilih pasangan Rindu adalah faktor kepribadian dan faktor kemampuan, serta evaluasi kepribadian dan evaluasi kemampuan.

"Kalau kita lihat mana empat dari pasangan (cagub dan cawagub di Pilkada Jabar) ini mana yang paling mampu memimpin, paling jujur, paling pintar, paling berwibawa, paling perhatian, tegas, berpengalaman. Kita lihat bersaing Rindu dan Duo DM. Namun masih didominasi oleh pasangan Rindu," tutur Qodari.

Survei ketiga dilakukan pada 7-13 Juni lalu, meliputi 27 kabupaten atau kota di Jabar, dengan sampel responden sebanyak 1.200, berusia minimal 17 tahun.

Baca: Survei Indo Barometer: Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman Unggul di Pilkada Sulsel 2018

Metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling dengan teknik pengumpulan data wawancara, tatap muka responden menggunakan kuesinoer.

Survei memiliki margin of error sebesar ±2.83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat