androidvodic.com

Bangkai Hiu Tutul Ditemukan Terdampar di Pangandaran - News

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

News, PANGANDARAN – Seekor ikan hiu naga bentang (hiu tutul) terdampar di Pantai Lembah Putri.

Lokasi temuan hiu itu berada di Dusun Karangsari, Desa Ciputrapinggan, Kecamatan  Kalipucang, Pangandaran, Jawa Barat, Senin (24/8/2020) sekitar pukul 05.30 pagi.

Kasatpol Air Pangandaran Polres Ciamis AKP Sugianto  mengatakan, sewaktu ditemukan warga kondisinya sudah mati.

"Diperkirakan ikan hiu naga bentang tersebut terdamparnya pada malam hari terseret ombak ke sisi pantai,” ujar kepada Tribun saat dihubungi via telepon.

Setelah mendapat laporan dari warga, menurut AKP Sugianto, petugas Satpol Air Pangandaran langsung mengecek ke lokasi bersama instansi kemaritiman dari TNI AL, Dinas Perikanan dan Kelautan Pangandaran, BKSDA Resort Pangandaran, Polri, dan petugas lainnya.

Baca: Viral di Medsos, Perjuangan Seorang Pria yang Selamatkan Diri dari Serangan Hiu

Baca: Sinopsis Film 47 Meters Down Aksi Bertahan Hidup dari Serangan Hiu Tayang di Trans TV Malam Ini

Dari pengukuran kondisi fisik bangkai ikan hiu tutul tersebut panjangnya mencapai 6,88 meter, lingkar badan 8 meter, lebar mulut 0,88 meter, sirip depan 1,2 meter, sirip depan atas 0,6 meter, sirip belakang atas 0,32 meter, sirip belakang bawah 0,54 meter, dan berat 6 kuintal.

Khawatir menyebarkan bau busuk, Senin siang itu juga bangkai hiu tutul tersebut dievakuasi dan dikuburkan di lobang besar yang digali di daerah pantai tidak jauh dari lokasi terdampar.

Pengevakuasian dan penguburan bangkai hiu naga bentang tersebut dilakukan oleh petugas Satpol Air Pangandaran Polres Ciamis, TNI AL Pos Pangandaran, BKSDA Resort Pangandaran, Anggota TNI/Polri, aparat desa, dan warga setempat.

Menurut Kabid BKSDA Wilayah III Jabar di Ciamis, Andi Witria kepada Tribun ikan hiu tutul atau disebut juga hiu naga bentang (Rhincodon typus) merupakan satwa langka yang dilindungi.

Hidup di perairan tropis bukan pemangsa, makanannya justru plankton.

Hiu tutul biasanya menjadi indikator kondisi ekosistem.

Baca: Kepala BNPB: Inovasi Dibutuhkan untuk Penanganan Pandemi Covid-19

Baca: Ketua IDI Sebut Masalah Pemilihan Anggota Baru Konsil Kedokteran Mencederai Proses Koordinasi

“Kejadiannya di luar kawasan konservasi. Ditemukan terdamparkan di Pantai Lembah Putri Putra Pinggan,” ujar Andi Witria.

Keberadaan hiu tutul atau hiu naga bentang menurut Andi tidak hanya menjadi ranah BKSDA tetapi juga menjadi ranah KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan).

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Hiu Tutul Ditemukan Terdampar di Pangandaran Tadi Pagi, Hewan Langka Itu Tak Lagi Bernyawa

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat