androidvodic.com

Pemda Masih Larang Bus Rombongan Wisatawan Masuk DIY - News

News, YOGYA - Dinas Pariwisata DIY masih melarang wisatawan untuk datang rombongan menggunakan bus, meskipun geliat pariwisata di DIY mulai nampak.

"Tunggu situasinya sampai kondusif. Kalau rombongan besar risiko di perjalanan juga cukup tinggi. Kami masih merekomendasi rombongan kecil, family," ungkap Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, Minggu (6/9/2020).

Singgih mengatakan, sejak aturan tersebut diberlakukan pada pertengahan Juli, jumlah bus yang datang ke DIY diklaimnya mengalami penurunan secara bertahap.

"Sudah berkurang. Kalau dulu banyak. Setelah kami menyampaikan kebijakan itu, terus berkurang," urainya.

Meski demikian, Singgih juga mengaku kesulitan ketika terlanjur ada bus beserta rombongan wisatawan yang 'lolos' masuk ke objek wisata di DIY.

"Agak sulitnya di situ, untuk jalur yang sempit putar balik menimbulkan kemacetan. Saya diinfo destinasi (pengelola wisata), mereka bergantian masuknya. Kalau dari zona merah, maka ditanya. Protokolnya juga sangat ketat di destinasi," ucapnya.

Baca: Berwisata ke Gunungkidul Yogyakarta saat Pandemi Covid-19, Simak Ini Tipsnya

Saat ini, lanjutnya sudah ada 71 destinasi wisata yang beroperasi di DIY, di mana yang paling banyak berada di Gunungkidul dengan wisata alamnya.

"Tapi tetap terbatas dari sisi kapasitasnya, kemudian jam operasi,dan hari operasi. Objek wisata yang sudah buka sudah diverifikasi teman-teman (Dinas Pariwisata) kabupaten/kota," imbuhnya.

Berdasarkan data yang dimiliki, Singgih mengatakan saat ini wisatawan yang masuk ke DIY melonjak drastis utamanya akhir pekan.

Bila pada hari biasa jumlahnya adalah 5.000 wisatawan, namun ketika akhir pekan naik signifikan di angka 29.000-30.000 wisatawan.

"Kami minta bantuan wisatawan untuk mengimplementasikan protokol kesehatan. Mudah, hanya 3 M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Kalau patuh, paling tidak mengurangi risiko, menjaga diri dan menjaga sesama," pesannya.

Baca: Jokowi: Bali, Jakarta dan Yogyakarta Mengalami Penurunan Ekonomi Sangat Tajam

Terpisah, Ketua Komisi B DPRD DIY Danang Wahyu Broto mengatakan bahwa selama ini Pemda DIY memang tidak pernah melarang dan menutup objek wisata selama pandemi.

"Tapi tetap, yang harus diingat protokol kesehatan harus jalan," tuturnya.

Danang menambahkan, sektor pariwisata sebagai leading sector ekonomi di DIY memang mengharuskan pariwisata berjalan.

Hal ini dilakukan untuk menggerakkan ekonomi mulai dari PKL hingga industri perhotelan.

"Pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat harus terus diupayakan sembari tetap patuh dengan protokol kesehatan," tutupnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Bus Rombongan Wisatawan Masih Dilarang Masuk DIY, 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat