androidvodic.com

Nakhoda Kapal Pengangkut Pasir yang Tenggelam di Perairan Sungai Semurut Ditemukan Tak Bernyawa - News

News, TANJUNG REDEB - Tim gabungan kembali menemukan satu korban kapal pengangkut pasir yang tenggelam di perairan Sungai Semurut sekitar 1 km dari Dermaga Semurut, RT 01, Kampung Semurut, Kecamatan Tabalar, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Senin (28/9/2020).

Korban Kahar (35) merupakan nakhoda kapal nahas tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Berau Thamrin saat ditemui TribunKaltim.co mengatakan penemuan korban ketiga tersebut sekitar pukul 08.00 Wita.

Terkait kecelakaan laut itu memang ada tiga orang di atas kapal, seorang nakhoda dan dua ABK.

Sebelumnya ditemukan selamat satu orang dan korban kedua ditemukan sore kemarin dalam keadaan sudah meninggal dunia.

"Dan satu lainnya pagi tadi juga ditemukan sudah meninggal," jelas Thamrin.

Saat ditemukan, lanjut Thamrin, korban sudah muncul di permukaan air dan kebetulan tim gabungan melihatnya dan langsung dievakuasi ke daratan.

Thamrin memastikan dalam kapal pengangkut pasir hanya terdapat tiga orang, satu ditemukan selamat dan dua lainnya meninggal dunia.

Dari informasi yang ia peroleh, kapal nahas tersebut tenggelam karena kapal mengalami kebocoran pada malam hari.

"Kalau informasi yang kami terima bahwa kapal itu dari Tanjung Redeb menuju Tubaan membawa pasir dan di perairan sekitar Semurut katanya ada bagian kapal bocor. Dan mungkin ABK lagi istirahat dan tidak sempat menyelamatkan diri hingga meninggal dunia," tuturnya.

Sebelumnya Kasat Polair, Iptu Amin Maulani mengatakan, dugaan sementara penyebab kapal tenggelam, karena ada bagian kapal yang bocor.

Baca: 8 Nelayan Korban Kapal Tenggelam di Nias Belum Ditemukan

Posisi kapal yang sudah tenggelam, membuat tim gabungan dibantu warga melakukan penyelaman ke dalam kapal tersebut, untuk mencari keberadaan korban yang diduga terjebak dalam kapal.

"Untuk arus cukup tenang. Kami akan menyelam ke dalam dahulu, memastikan apakah ada korban atau tidak di dalam kapal tersebut,” bebernya.

Selain melakukan pencarian, pihaknya juga meminta keterangan saksi mata yakni Alimudin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat