androidvodic.com

Cerita di Balik Pernikahan Virtual Tut Malen & Ayu, Pekerja Migran Asal Bali yang Tinggal di Jepang - News

News, DENPASAR - Pasangan I Ketut Merta dan Ayu Gita Swari kini tengah berbahagia. Sejoli asal Bali ini akhirnya bisa melangsungkan pernikahannya meski di tengah pandemi Covid-19.

Keduanya menggelar pernikahan secara online alias pernikahan virtual.

Menggunakan aplikasi zoom, pernikahan secara sederhana dilangsungkan dari Jepang dan Bali.

Bagaimana kisah sejoli ini?

Ketut Malen (28) dan Ayu Gita (27) sebetulnya sudah berencana menikah sejak tahun 2019 silam.

Namun karena sesuatu dan lain hal, dua pekerja migran asal Bali ini harus mengundurkan rencana pernikahan mereka sampai tahun 2020.

"Kami berdua berada di Jepang untuk bekerja dan sudah berencana dari tahun lalu untuk melangsungkan pernikahan. Tapi karena suatu dan lain hal kami menunda sampai tahun ini dimana sudah disiapkan dan ditentukan hari baiknya," kata pria yang akrab disapa Tut Malen itu saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (10/10/2020).

Viral pernikahan sejoli Bali di Jepang secara online, kedua mempelai diketahui adalah I Ketut Merta alias Malen dan Ayu Gita Swari.
Viral pernikahan sejoli Bali di Jepang secara online, kedua mempelai diketahui adalah I Ketut Merta alias Malen dan Ayu Gita Swari. (Dok istimewa/Tribun Bali)

Namun tak terbayangkan oleh mereka, ternyata Indonesia termasuk Bali ikut terkena dampak pandemi Covid-19 yang menyebabkan sulitnya akses ke luar masuk wilayah.

"Padahal kami sudah menentukan hari baiknya, tapi pandemi ini terus berlanjut entah sampai kapan, kami kemudian mengundur lagi rencana pernikahan kami," kata Tut Malem.

Keduanya sudah memutuskan untuk menikah di tahun 2020 ini meski dalam situasi pandemi Covid-19. Mereka dan keluarga masing-masing mempelai sudah merencanakan tanggal pernikahan.

Sebelumnya dua pasangan ini berencana pulang ke Bali untuk melangsungkan pernikahan. Namun mereka takut tidak bisa kembali lagi ke Jepang untuk melanjutkan kerja, sehingga mereka harus mencari cara lain.

"Ternyata pandemi yang terus meningkat dan sampai di waktu mendekati acara pun tidak memungkinkan untuk kami pulang ke bali."

Baca: Viral Gelaran Pernikahan Virtual Gunakan Green Screen, Souvenir dan Makanan Diantar Via Ojol

"Sebenarnya mungkin saja dari Jepang bisa pulang ke Bali tapi untuk balik ke Jepang belum bisa karena tingkat Covid di Indonesia belum jelas waktunya sampai kapan," tutur pria asal Banjar Darma Winangun, Kecamatan Kubu, Karangasem ini.

Akhirnya mereka kembali mencari solusi untuk mempertimbangkan pernikahan secara online.

Sebab, Malen mengaku sebelum dirinya melaksanakan pernikahan online, ada sejumlah pasangan yang sudah melaksanakam pernikahan online meski tak banyak diketahui karena tidak viral di media sosial.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat