androidvodic.com

Pemprov Sumsel Perlu 5,7 Juta Vaksin Corona - News

News, PALEMBANG - Sejumlah 30 ribu vaksin corona untuk Provinsi Sumatra Selatan telah tiba di Palembang, Senin (4/1/2021) pagi.

Sebenarnya provinsi Sumsel pada tahap pertama ini menerima kuota 58 ribu dosis vaksin corona dari pemerintah pusat.

Hanya saja baru dikirim 30 ribu dosis karena keterbatasan tempat penyimpanan.

Sebelumnya, Provinsi Sumsel mengajukan 5,7 juta vaksin kepada pemerintah pusat.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, pemerintah provinsi Sumsel akan melakukan pembelian vaksin secara mandiri jika kuota vaksin yang diberikan pemerintah kurang mencukupi kebutuhan.

"Kita akan melihat kuota yang diberikan pemerintah pusat untuk Sumsel.

Baca juga: Lewati Jalan Curam dan Sempit, Bus Berisi 33 Anggota Brimob Polda Sumsel Terguling di Jambi

Kalau memang belum penuhi kuota kebutuhan kita, maka kita menunggu izin Kemenkes atau izin dari Presiden untuk kita beli sendiri vaksinnya.

Tapi kita juga masih menunggu berapa harga vaksin itu," katanya, diwawancarai usai rapat koordinasi dengan pemerintahan kota Palembang mengenai Kondisi Jalan dan Penataan Kawasan Kota Palembang bersama Walikota Palembang di kantor gubernur Sumsel, Senin (4/1/2021).

Deru menyebutkan, untuk membeli vaksin tersebut pihaknya akan menganggarkan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sumsel.

Tak hanya itu, dia juga akan meminta setiap perusahaan yang ada di Sumsel untuk membantu membeli vaksin dari anggaran dana Corporate Social Responsibility (CSR).

"Berapa besaran anggarannya, kita masih belum membahas itu.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Pemerintah akan Tambah 10 Ribu Nakes dan Lakukan Vaksinasi Minggu Depan

Alokasi anggarannya proporsional karena kita belum tahu harga vaksin. Kalau sudah tahu harganya, kita akan beli," jelasnya.

Deru menegaskan, pembelian vaksin ini sebagai upaya untuk mempercepat masa pemulihan dari Covid-19 yang sudah menyebar luas di Sumsel.

Dia pun meminta masing-masing kepala daerah di Sumsel melakukan hal yang sama terkait pembelian vaksin.

Dia menyebutkan,  pemberian vaksin Covid-19 ini diutamakan bagi tenaga kesehatan (nakes) yang menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

"Yang paling penting adalah anak didik dan guru.

Kita akan beli vaksin ini sesuai dengan arahan pemerintah pusat," kata dia. (Sp/ Jati Purwanti)

Artikel ini telah tayang di Tribunsumsel.com dengan judul Butuh 5,7 Juta Vaksin Corona, Pemprov Sumsel Berencana Beli Secara Mandiri Jika Kuota tak Terpenuhi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat