androidvodic.com

Hilang Kontak 3 Hari, KM Subur Indah Ditemukan, Masuk Blank Spot, Terbawa Arus ke Perairan Filipina - News

News, TARAKAN - KM Subur Indah akhirnya berhasil ditemukan Tim SAR Gabungan, Rabu (1/12/2021). Kapal tersebut sempat terbawa angin hingga ke Filipina.

Adapun 5 penumpang terdiri dari satu nakhoda dan 4 ABK KM Subur Indah dalam kondisi selamat dan sehat.

Dikutip Tribunnews dari Tribun Kaltim, KM Subur Indah dinyatakan hilang kontak pada Sabtu (28/11/2021).

Amiruddin, Kepala Kantor SAR Tarakan mengatakan, informasi ditemukannya KM Subur Indah di Perairan Pancang Putih dan berdekatan dengan wilayah Ambalat.

"Ditemukan pukul 09.10 WITA informasinya. Di Perairan Pancang Putih dekat Ambalat tepatnya sekitar 25,98 NM, heading 113,90 derajat dari Pelabuhan Tunon Taka Nunukan," ungkap Amiruddin.

Baca juga: Dua Kecelakaan Laut di Perairan Kaltara: Udi Belum Ditemukan, 5 Korban KM Subur Indah Masih Hilang

Adapun 5 penumpang terdiri dari satu nakhoda dan 4 ABK KM Subur Indah dalam kondisi selamat dan sehat.

"Diketahui kapal tersebut mengalami kerusakan mesin pada bagian hast propeller sehingga kapal mati mesin dan terombang-ambing," beber Amiruddin.

Hilang kontak sejak 28 November 2021, KM Subur Indah rute Tarakan - Pulau Sebatik ditemukan di perairan Ambalat Rabu (1/12/2021). Kapal dengan POB 5 orang dan bermuatan Sembako serta material bangunan ini mengalami kerusakan has propeller sehingga mati mesin dan terbawa gelombang menjauh dari rute seharusnya
Hilang kontak sejak 28 November 2021, KM Subur Indah rute Tarakan - Pulau Sebatik ditemukan di perairan Ambalat Rabu (1/12/2021). Kapal dengan POB 5 orang dan bermuatan Sembako serta material bangunan ini mengalami kerusakan has propeller sehingga mati mesin dan terbawa gelombang menjauh dari rute seharusnya (Dok.SAR Tarakan)

Amiruddin menjelaskan, pukul 10.28 WITA, KM Subur Indah kembali melanjutkan perjalanan ke Sungai Nyamuk Sebatik.

"Dengan cara ditarik oleh kapal yang disediakan oleh pemilik kapal dan didampingi oleh KN SAR Seta 252 untuk memastikan kapal tersebut sampai di Sungai Nyamuk Sebatik dengan selamat," tuturnya.

Lebih jauh, Amiruddin membeberkan, pukul 11.15 WITA, KN SAR Seta 252 ke Pelabuhan Malundung Kota Tarakan.

Baca juga: Penumpang Kapal dari Batam Tujuan Belawan Meningkat Jelang Pemberlakuan PPKM Level 3

"KN SAR Seta 252 diperkirakan tiba di Pelabuhan Tarakan 16.00 WITA nanti. Operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup," ucapnya.

KM Subur Indah ditemukan oleh Tim SAR gabungan setelah terombang-ambing di perairan dekat Ambalat, Rabu (1/12/2021)
KM Subur Indah ditemukan oleh Tim SAR gabungan setelah terombang-ambing di perairan dekat Ambalat, Rabu (1/12/2021) (HO/SAR TARAKAN)

Adapun data korban selamat, yakni Tahir (30) sebagai nahkoda dan beralamat di Desa Bukit Aru Indah, Kecamatan Sebatik Timur Kabupaten Nunukan.

Kemudian, empat ABK lainnya di antaranya Erwin (35), beralamat Desa Sungai Bajo Kecamatan Sebatik Timur, Putra (25) beralamat Desa Sei Pancang Kecamatan Sebatik Utara, Iksan (25) beralamat di Jembatan Besi dan Sudi (40) beralamat di Kampung Sinjai, Desa Lapri Kecamatan Sebatik Utara, Nunukan.

Baca juga: Iran Bakal Bangun 2 Kapal Selam Serang Berat Dilengkapi Rudal Jelajah

Adapun, lanjutnya, unsur yang terlibat di antaranya Tim Rescue Kansar Tarakan, Ditpolair Polda Kaltara, Polairud Polres Tarakan, Pos Al Pulau Bunyu dan dibantu masyarakat. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat