androidvodic.com

Sempat Dilaporkan Hilang, Speedboat Asmat-Timika Ditemukan Terdampar dan Begini Nasib Penumpangnya - News

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Marselinus Labu Lela

News, TIMIKA - Tim SAR berhasil menemukan kapal cepat atau speedboat yang hilang kontak dalam perjalanan dari Asmat-Timika, Kamis (30/12/2021).

Kapal cepat berkekuatan 85 PK yang mengangkut 7 penumpang itu berhasil ditemukan dalam keadaan selamat.

Kapal beserta para penumpangnya itu ditemukan di sekitar Perairan Puriri Timika Provinsi Papua, dalam kondisi kandas terkena rep atau terdampar di perairan dangkal Puriri.

Keterangan salah seorang penumpang speedboat tersebut, dalam perjalananya dari Asmat menuju Timika mereka sebelumnya berlindung di Pulau Yapero karena cuaca buruk.

Saat cuaca mulai membaik, pengemudi speedboat tersebut memutuskan untuk keluar dari pulau dan melanjutkan perjalanan menuju Timika Kabupaten Mimika Provinsi Papua.

Baca juga: 6 Tersangka Eksekutor 4 TNI di Kisor Maybrat Papua Dititipkan di Rutan Polda Sulsel, Segera Disidang

Saat perjalanan itu malah terdampar karena terkena jalur perairan dangkal atau masyarakat sekitar biasa menyebutnya rep.

Setelah ditemukan korban saat itu langsung diserahkan ke pihak keluarga yang saat bersamaan juga ikut melakukan pencarian bersama tim SAR dan petugas gabungan yang melakukan penyisiran jalur tersebut setelah hilang kontak.

“Dengan berhasil ditemukanya korban dan telah diserahkan kepada pihak keluarga maka operasi SAR terhadap speedboat 85 PK diusulkan tutup dan potensi SAR yang terlibat dikembalikan ke kesatuan masing-masing," ungkap Kepala Kantor SAR Timika, George Leo Merchy Randang, Jumat (31/12/2021).

Ia mengimbau bagi pengguna speedboat sering beraktifitas jalur pelayaran Timika-Asmat atau sebaliknya agar benar-benar mematuhi standard pelayaran dan kelaikan berlayar.

Juga mengikuti imbauan dari pemerintah dan mengikuti informasi dari BMKG terkait cuaca, untuk menghindar dari hal hal yang tidak diinginkan.

Karena cukup banyak laporan musibah yang masuk di Kantor SAR Timika terutama di sebelah Selatan Papua banyak sekali kecelakaan.

Sebumnya kejadian tersebut dilaporkan di SAR Timika setelah menerima informasi dari bapak Raymond (keluarga korban) pada Kamis (30/12/2021), pukul 06.35 WIT.

Diketahui speedboat 85 PK berpenumpang 7 orang berlayar dari Asmat (28/12/2021) sekitar pukul 07.45 WIT. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul Akhirnya 7 Penumpang Speedboat yang Hilang Kontak di Perairan Asmat-Timika Ditemukan Selamat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat