androidvodic.com

Karyawan Laundry di Medan Didakwa Gelapkan Uang Perusahaan Rp 500 Juta: Ketagihan Belanja - News

News, MEDAN - Gita Gracia didakwa pasal penggelapan uang perusahaan hingga Rp 500 juta lebih. 

Terdakwa Gita menjalani sidang perdana perkara penggelapan uang PT Arya Mandiri Bina Cemerlang di Pengadilan Negeri Medan, Sumatera Utara, Selasa (8/2/2022).

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Patrecia Pasaribu menuturkan, perkara yang menjerat warga Flamboyan Medan Tuntungan itu, berawal saat Gita yang bekerja di Kantor PT Arya Mandiri Bina Cemerlang sebagai Admin Keuangan dengan tugas pokok menerima uang jasa Laundry yang telah dikumpulkan oleh PJO (Penanggung Jawab Oprasional).

Yang mana Gita bertugas mencatat keuangan, menyetor uang ke bank, membayar Gaji Karyawan, membayar tagihan pembelian, membayar tagihan Iuran BPJS kesehatan dan Ketenaga kerjaan, membayar tagihan Air, dan juga membayarkan pembelian barang-barang yang kebutuhan Laundry.

Baca juga: Mantan Bupati Labuhan Batu Utara Divonis 16 Bulan Penjara: Lebih Rendah dari Tuntutan Jaksa KPK

"Sedangkan gaji yang diterima oleh terdakwa sebesar Rp 2,8 juta setiap bulannya," katanya.

Dikatakan JPU, bahwa setiap harinya terdakwa menerima uang dari saksi Arianto, yaitu petugas PJO.

Lantas selanjutnya terdakwa menginput ke komputer perusahaan, dan tidak ada tanda terima.

Terdakwa menerima uang sejumlah yang tertera di buku PJO dan juga sesuai dengan jumlah uang yang tertera di Ringkasan Laporan keuangan yang diprint dari komputer petugas counter.

"Lalu terdakwa diwajibkan menyetorkan uang ke rekening bank perusahaan. Tetapi terdakwa tidak menyetor ke rekening bank perusahaan karena uang tersebut dipakai terdakwa untuk belanja Online seperti sepatu, baju, makanan sejak bulan Januari hingga September yang selama ini. Terdakwa pesan dengan pembayaran Sistem COD (Cash On Delivery) yang dikirim ke alamat kantor," ucap JPU.

Baca juga: Eks Pemeriksa Pajak Didakwa Pencucian Uang Bersama Anak, Hartanya Naik Rp 2 M dalam Setahun

Dikatakan JPU, apabila barang Online pesanan terdakwa tiba di Counter 5 Star Laundry, maka terdakwa menelepone saksi Ahmad Syafi’i yaitu petugas Head Counter, untuk membayarkan Biaya belanja Online terdakwa dengan menggunakan uang dari caunter perusahaan.

"Apabila saksi Ahmad Syafi’i akan serah terima uang kepada saksi Arianto selaku pihak PJO uangnya akan berkurang sesuai biaya yang terdakwa gunakan untuk biaya belanja Online terdakwa, dan kemudian saat saksi Arianto menyerahkan uangnya kepada terdakwa dengan jumlah yang tidak sesuai, maka terdakwa juga sudah mengerti bahwa uang tersebut digunakan untuk membayarkan biaya belanja online," beber JPU.

JPU menguraikan apapun uang yang disetorkan serta uang yang tidak disetorkan oleh terdakwa dengan rincian pada Bulan Januari 2019 selisih dana Setor dari bank Minus Rp 1.521.775.  Selisih Dana Kerugian Rp 116.974.814.

Sehingga, kata JPU bulan Januari 2019 perusahaan mengalami kerugian sebesar Rp 116.974.814.

Tidak hanya di bulan Januari, kata Jaksa pada bulan-bulan berikutnya juga didapati selisih dana setor ke bank minus puluhan hingga ratusan juta hingga September 2019.

Baca juga: Fakta Kecelakaan Maut Kereta Kelinci di Madiun: 2 Penumpang Tewas, Sopir Resmi Jadi Tersangka

"Bahwa akibat perbuatan terdakwa, pihak PT Arya Mandiri Bina Cemerlang, merasa keberatan dan mengalami kerugian sebesar sebesar sebesar Rp 588.938.578 sehingga melaporkan perbuatan terdakwa ke Polsek Medan Baru guna diproses lebih lanjut," ucap JPU.

Dikatakan JPU, perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pada Pasal 374 KUHP.

(cr21/tribun-medan.com)

Berita ini telah tayang di Tribun Medan berjudul:
KETAGIHAN Belanja Online, Karyawan Laundry Pakai Uang Perusahaan Setiap Transaksi, Capai Rp 500 Juta

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat