androidvodic.com

Stok Minyak Goreng di Warung-warung di Musi Rawas Utara Sumsel Banyak, Tapi Harga Mahal - News

News, MURATARA - Minyak goreng kemasan sulit ditemukan di ritel modern di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Sumatera Selatan.

Pegawai Indomaret di kawasan ibukota dan sekitarnya enggan menjawab soal penyebab kelangkaan minyak goreng tersebut.

Mereka hanya mengakui harganya Rp 14.000 per liter, namun minyak goreng di tempatnya bekerja kini sedang kosong.

"Kosong minyak kak, kakak wartawan yo, dak tahu kami kak (penyebab minyak goreng kosong)," kata pegawai Indomaret, Rabu (9/2/2022).

Baca juga: Satgas Pangan Banjar Jabar Sebut Kelangkaan Minyak Goreng Karena Keterlambatan Pengiriman

Sementara itu, minyak goreng kemasan di pasar tradisional atau di warung-warung terpantau banyak stoknya, namun masih dijual harga mahal.

Pedagang belum memberlakukan harga sesuai HET yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp 14.000 per liter seperti di ritel modern.

"Harga 14 ribu itu di Indomaret, kabarnya mereka dapat subsidi. Kalau kami masih jual 20 ribu," ungkap Jali, pedagang di Pasar Lawang Agung Rupit.

Baca juga: Beberapa Toko di Palembang Tidak Jual Minyak Goreng Curah Karena Ketiadaan Stok

Ia mengaku minyak goreng di pasar tradisional maupun di warung-warung tidak mengalami kelangkaan.

"Barangnya banyak, tapi itulah masih harga tinggi, harganya 18 sampai 20 ribu yang kemasan satu liter. Kalau minyak curah tidak jual lagi kami," ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Muratara, Susyanto Tunut mengatakan belum bisa menekan pedagang di pasar tradisional atau warung untuk mengikuti kebijakan pemerintah soal minyak goreng harga Rp 14.000 per liter.

Menurut dia, operasi pasar yang dilakukan oleh pemerintah saat ini mekanismenya melalui ritel modern seperti Indomaret, Alfamart, dan lain-lain.

"Untuk yang non ritel modern belum termasuk target operasi pasar. Kita tunggu kebijakan pemerintah selanjutnya. Kita berharap di pasar tradisional atau warung juga dilakukan operasi pasar," katanya.

Baca juga: Harga Masih Tinggi, Pemerintah Belum Bisa Atasi Masalah Harga Minyak Goreng

Soal minyak goreng selalu habis atau kosong di ritel modern, Susyanto menyebut kemungkinan karena masyarakat banyak yang membeli dan pengisian stoknya terlambat.

"Tapi kita ingatkan pengelola ritel modern dilarang untuk coba-coba mengambil kesempatan dengan menimbun atau sejenisnya. Jika ini dilakukan dan terbukti, bisa dikenakan sanksi hukum," tegasnya. (Rahmat Aizullah)

Artikel ini telah tayang di TribunSumsel.com dengan judul Minyak Goreng di Ritel Modern Muratara Langka, Stok di Warung-Pasar Banyak tapi Harga Mahal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat