androidvodic.com

Kronologi Kebocoran Gas PLTP Dieng yang Tewaskan Satu Orang: Bermula saat Proses Pendinginan Sumur - News

News - Corporate Secretary PT Geo Dipa Energi Endang Iswandini angkat bicara terkait insiden kebocoran gas yang terjadi di Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Sabtu (12/3/2022).

Endang membenarkan terkait adanya insiden kebocoran gas di wilayah kerja Geo Dipa Unit Dieng.

Menurut Endang, kebocoran gas tersebut terjadi di sumur Pad 28.

Meski terjadi kebocoran gas, Endang memastikan bahwa tidak ada ledakan yang terjadi di salah satu sumur atau sumur pengeboran.

Gas buang keluar dari pipa panas bumi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng yang dikelola PT Geo Dipa Energi di Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu (14/4/2013). Potensi panas bumi di Dieng sebagai energi terbarukan sebenarnya sangat besar, yakni mencapai 400 megawatt
Gas buang keluar dari pipa panas bumi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng yang dikelola PT Geo Dipa Energi di Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu (14/4/2013). Potensi panas bumi di Dieng sebagai energi terbarukan sebenarnya sangat besar, yakni mencapai 400 megawatt ((KOMPAS / AGUS SUSANTO))

Baca juga: Sumur Bor di Dieng Tak Meledak, Hanya Alami Kebocoran pada Relief Valve, Kondisi Saat Ini Sudah Aman

Endang pun menjelaskan, insiden kebocoran gas ini terjadi eksisting PLTP Dieng Unit 1 yang sedang dilakukan perbaikan oleh rig kontraktor.

Diketahui saat kejadian terdapat relief valve terbuka secara otomatis di bawah standar tekanan yang seharusnya.

"Pada saat kejadian tersebut, relief valve terbuka secara otomatis di bawah standar tekanan yang seharusnya," kata Endang dilansir Tribun Jateng, Minggu (13/3/2022).

Lebih lanjut Endang menuturkan, insiden ini awalnya bermula saat kegiatan quenching (pendinginan) sumur.

Baca juga: Fakta-fakta Sumur Gas PLTP Dieng Bocor: Satu Pekerja Tewas, Polisi Sterilkan Lokasi Kejadian

Kemudian ada seorang Pelaksana Pekerjaan Workover berinisiatif memeriksa relief valve (katup pelepas) di mud pump-1 (pompa lumpur) yang terbuka secara otomatis.

Namun pekerja justru pingsan dan langsung dievakuasi ke Puskesmas Kejajar 1 Wonosobo.

Pekerja tersebut diduga pingsan karena telah menghirup gas beracun yang keluar bersama air saat relief valve terbuka otomatis.

Baca juga: KRONOLOGI Sumur Gas PLTP Dieng Bocor Versi Warga: Awalnya dari Perbaikan, Tiba-tiba Muncul Gas

Polres Banjarnegara Lakukan Olah TKP

Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto pantau lokasi Sumur Bor Pembangkit Listrik Tenaga Panas (PLTP) Bumi Geo Dipa di wilayah Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Sabtu (12/3/2022).
Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto pantau lokasi Sumur Bor Pembangkit Listrik Tenaga Panas (PLTP) Bumi Geo Dipa di wilayah Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Sabtu (12/3/2022). (Dok Polres Banjarnegara)

Diwartakan News, seorang tewas dan delapan lainnya luka akibat ledakan sumur bor di Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Bumi Geo Dipa di wilayah Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Sabtu (12/3/2022) sore.

Kapolres Banjarnegara, AKBP Hendri Yulianto, pihaknya sudah berada di tempat kejadian langsung mensterilisasi lokasi sumur yang meledak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat