androidvodic.com

Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Sepanjang 76 Km Mulai Dilakukan - News

News, SLEMAN -  Peletakan patok pertama (ground breaking) jalan tol Yogyakarta-Bawen dilakukan di dusun Sanggrahan, Tirtoadi, Mlati, Sleman, Rabu (30/3/2022).

Jalan tol nantinya akan memiliki panjang lebih kurang 76 kilometer.

Ground breaking dilakukan oleh Direktur Jenderal Bina Marga, Kementerian PUPR, Hedy Rahadian, didampingi Sekretaris BPJT Triono Junoasmono, dan Sekretaris Daerah Istimewa Yogyakarta, Kadarmanta Baskara Aji.

Baskara Aji mengaku bangga sekaligus bahagia. Karena baginya, ini adalah momen bersejarah, pertama kali groundbreaking jalan tol di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca juga: Tilang Elektronik Jalan Tol 1 April, Korban Indra Kenz Rugi Rp 2,5 M, Kronologi Kecelakaan DMasiv

"Indonesia sudah banyak jalan tol-nya, tapi di DIY membangun jalan tol yang pertama adalah di tempat ini. Jadi saya kira, ini perlu dicatat sebagai sejarahnya DIY," kata dia, dilokasi groundbreaking.

Groundbreaking secara seremoni dilakukan dengan bersama-sama memencet tombol merah sebagai tanda dimulainya pembangunan.

Baskara Aji berharap dengan dibangun jalan tol yang menghubungkan Yogyakarta dengan Jawa Tengah sekaligus daerah-daerah di Pulau Jawa ini akan memperlancar arus transportasi baik barang, logistik maupun penumpang sehingga Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kulon Progo dapat dimanfaatkan dengan optimal.

Imbasnya, destinasi Pariwisata bisa dikunjungi oleh masyarakat dengan lebih mudah.

"Kami berharap membawa kesejahteraan masyarakat di DIY dan sekitarnya. Sebab dengan adanya jalan tol kemudahan lebih efisien, lebih cepat dan tidak ada lagi yang menghambat perjalanan barang maupun penumpang," ujar dia.

Baca juga: Residivis Beraksi di Pasar Giwangan Yogyakarta, Aksinya Terekam CCTV

Sesuai rencana, jalan tol Yogyakarta - Bawen ini dibangun dengan total panjang 75,82 kilometer yang Menghubungkan wilayah DIY dan Jawa Tengah.

Rinciannya, 67,05 kilometer terletak di Jawa Tengah dan sepanjang 8,77 kilometer ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jalan tol dengan total biaya investasi senilai Rp14,26 triliun ini terdiri dari 6 seksi.

Yaitu seksi 1 menghubungkan Sleman - Banyurejo sepanjang 8,25 kilometer.

Kemudian disambung seksi 2, Banyurejo - Borobudur sepanjang 15,26 kilometer.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat