androidvodic.com

Polisi Gagalkan Pencurian 3 Sapi di Probolinggo Jatim: Satu Pelaku Ditembak Karena Melawan - News

News, LUMAJANG -  Polisi menggagalkan aksi pencurian sapi di Probolinggo, Jawa Timur, Minggu (17/4/2022) malam.

Tiga sapi milik warga Probolinggo dijarah komplotan maling. Saat itu Polsek Ranuyoso, Lumajang, ketika melakukan patroli malam.

Tiga ekor sapi itu milik Abdul Manan, warga Desa Sentulan, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo.

Pencurian diperkirakan terjadi pada tengah malam. Namun, Manan mengaku tidak mengetahui pasti kapan sapinya dicuri. Sebab, dia baru tahu sapinya hilang ketika subuh.

"Malam sekitar pukul 23.00 WIB aku sebenarnya dengar suara gaduh dari kandang. Tapi rasanya malas buat bangun. Terus pagi-pagi jam 05.00 WIB, adikku ngasih kabar kalau sapiku ada di polsek," kata Abdul, Senin (18/4/2022).

Baca juga: Tahanan Kasus Pencurian di Mapolres Jeneponto Kabur, Penjaga Tertidur dan Lupa Simpan Kunci Sel

Hilangnya sapi dari dalam kandang membuat Abdul kaget. Sebab sapi itu diikat dua utas tali pada lehernya. Satu tali diikat pada sisi kanan dan satu lagi pada sisi kiri. Selain itu kandang juga masih dalam kondisi baik.

Kapolres Lumajang, AKBP Dewa Putu Eka Darmawan menjelaskan, pencurian itu digagalkan di Desa Wonoayu, Kecamatan Ranuyoso, Lumajang.

Malam itu, dua anggota Polsek Ranuyoso yang sedang patroli bertemu dua warga. Saat ditanya, keduanya menunjukkan gelagat mencurigakan. Tak lama berselang, datang dua orang mengendarai mobil pickup jenis Daihatsu Grandmax mengangkut 3 ekor sapi.

“Mungkin karena pelaku sudah tahu aksinya dicurigai polisi, salah satu pelaku coba menyerang dengan celurit. Sehingga anggota langsung menembak kaki pelaku. Karena anggota kami sedang menunggu bantuan, pelaku melarikan diri. Termasuk pelaku yang tertembak,” jelasnya.

Baca juga: 2 Warga Kebumen Jadi Korban Pencurian Modus Pura-pura Sebagai Petugas Vaksinasi

Setelah sempat terlibat adu duel, empat pencuri memilih kabur meninggalkan mobil pickup, 1 sepeda motor, dan 3 sapi hasil curian. Para pelaku kini dalam kejaran polisi.

Kabarnya dua pelaku sudah teridentifikasi identitasnya.

"Penanganan kasus ini kami limpahkan ke Polres Probolinggo. Kami sudah koordinasi dengan puskesmas-puskesmas, jika menerima pasien luka tembak di kaki segera hubungi polisi," pungkas AKBP Dewa Putu Eka Darmawan.

Penulis: Tony Hermawan

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul Panik Dicurigai Polisi, Maling di Probolinggo Kabur Tinggalkan Pickup, Motor dan 3 Sapi Hasil Curian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat