androidvodic.com

Tiga dari 5 Tersangka Kasus Ledakan Mercon di Ngadiluwih Kediri Ternyata Masih di Bawah Umur - News

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Melia Luthfi Husnika

News, KEDIRI - Kasus ledakan mercon di Jalan Kromosari, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, beberapa waktu lalu berbuntut panjang.

Satreskrim Polres Kediri kini menetapkan 5 tersangka atas kasus ledakan mercon tersebut.

Sebelumnya, ledakan mercon mengenai seorang anak berinisial DAM (9), warga Dusun Blabak, Kecamatan Kandat, Kediri.

DAM saat itu tengah melintas di lokasi kejadian.

Akibat mercon yang diambilnya meledak, tangan kanan dan jari-jari DAM mengalami luka bakar parah dan harus mendapat perawatan intensif di rumah sakit.

"Kami sudah menetapkan lima tersangka untuk kasus ledakan mercon di Jalan Kromosari Ngadiluwih. Kelimanya kini sudah kami amankan," ujar Kapolres Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho, Selasa (26/4/2022) sore.

AKBP Agung Setyo Nugroho mengungkapkan, dari kelima tersangka, tiga di antaranya merupakan anak di bawah umur.

Baca juga: Ledakan Mercon Hancurkan Rumah di Sleman, 4 Pemuda Ditangkap Polisi, Terancam Penjara 20 Tahun

Untuk tersangka dewasa, akan dilakukan penindakan sesuai proses hukum yang berlaku. Sedangkan tersangka anak-anak, ada proses khusus.

"Kalau dewasa akan ikut proses hukum dan ditindak langsung. Tersangka yang anak-anak ini nanti akan ada perlakuan khusus," kata AKBP Agung Setyo Nugroho.

Dari hasil penyelidikan yang dilakukan pihak kepolisian, para tersangka mengaku mendapatkan bahan baku mercon dari sejumlah penjual yang dibeli secara online.

Petugas Kepolisian melakukan pemeriksaan di rumah yang ambruk diduga karena ledakan petasan, Jumat (22/4/2022).
Petugas Kepolisian melakukan pemeriksaan di rumah yang ambruk diduga karena ledakan petasan, Jumat (22/4/2022). (Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin)

Mereka memesan bahan baku ini dari luar Kediri kemudian merakitnya sendiri.

"Kejadian yang kemarin itu mereka membunyikan petasan selepas sahur. Ada dua petasan yang dibawa, satunya tidak langsung meledak. Saat korban mengambil mercon tersebut, tiba-tiba meledak," papar AKBP Agung Setyo Nugroho.

AKBP Agung Setyo Nugroho juga telah mengunjungi korban ke RSUD Simpang Lima Gumul Kediri. Menurutnya, kondisi korban sudah mulai membaik.

"Alhamdullilah kondisinya membaik setelah dilakukan penangganan medis. Insyaallah tidak akan cacat permanen," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul Polisi Tetapkan 5 Tersangka Ledakan Mercon di Ngadiluwih Kediri, 3 di Antaranya Anak di Bawah Umur

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat