androidvodic.com

Wujudkan Kota Hijau, Pemkot Jayapura Bakal Tanam Pohon Massal - News

Laporan Wartawan News, Fersianus Waku

News, JAKARTA - Penjabat (Pj) Wali Kota Jayapura Frans Pekey berkomitmen menjadikan wilayahnya sebagai kota hijau melalui pelestarian lingkungan hidup.

Frans mengatakan, untuk mewujudkan misi itu pihaknya telah merencanakan melakukan penanaman pohon secara massal yang bakal digelar pada Jumat (29/7/2022).

"Saya sudah merencanakan dan sedang kami persiapkan kita akan menanam penanaman bunga, penanaman pohon secara massal di kota Jayapura. Akan kita laksanakan pada hari Jumat, 29 Juli 2022," kata Frans seusai menerima penghargaan Nirwasita Tantra 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI), Rabu (20/7/2022).

Frans pun mengajak seluruh masyarakat Jayapura agar terlibat dalam mewujudkan misi kota hijau tersebut.

"Kita melestarikan kota Jayapura supaya kota Jayapura menjadi kota yang semakin hijau dan dihiasi dengan bunga-bunga warna-warni, penataan kembali, dan juga membersihkan kawasan-kawasan yang di sisi persampahan," ujarnya.

Frans menuturkan, dalam waktu dekat Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura akan menggelar pertemuan guna meminta saran dan pendapat dari para stakeholder.

"Kami akan juga melakukan pertemuan dengan semua komunitas masyarakat peduli lingkungan di kota Jayapura untuk bersama-sama dengan pemerintah kota untuk meminta pendapat, pandangan, saran, masukan," ucapnya.

Terhadap penghargaan dari KLHK, Frans menegaskan, hal tersebut diraih berkat keterlibatan masyarakat maupun komunitas di Jayapura dalam rangka menjaga lingkungan hidup.

"Penghargaan ini diberikan tentu oleh karena kebijakan-kebijakan pemerintah daerah dan juga didukung oleh partisipasi masyarakat melalui baik perorangan, komunitas-komunitas dalam rangka menjaga lingkungan," ujarnya.

Menurut Frans, keterlibatan masyarakat Jayapura terlihat baik dari sisi persampahan, pengelolaan limbah, penanaman, dan penghijauan dalam lingkungan hidup.

Baca juga: Pemkot Jayapura Terima Penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

"Karena itu hari ini diberikan (penghargaan)," tutur Frans.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, lingkungan hidup merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan dengan masyarakat kota Jayapura.

Karena itu, Frans menyebut, pelestarian lingkungan menjadi suatu keniscayaan dan kewajiban bagi seluruh masyarakat dan Pemerintah Kota Jayapura.

"Kita bersama-sama (melakukan pelestarian) supaya lingkungan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas hidup, aktivitas sosial, ekonomi masyarakat di Kota Jayapura," ungkapnya.

Sebagai informasi, Nirwasita Tantra adalah penghargaan dari pemerintah yang diberikan kepada kepala daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat