androidvodic.com

Ketua HMI Lebak Sebut Suara Rakyat Adalah Nilai Demokrasi - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Lebak, Mulyana menegaskan suara rakyat adalah nilai prinsipil demokrasi.

Menurutnya berbicara demokrasi tanpa memahami suara rakyat hanya omong kosong belaka.

“Anda bisa bayangkan betapa prinsipilnya suara rakyat dalam konsepsi demokrasi. Karenanya, membicarakan demokrasi tanpa memahami arti penting suara rakyat adalah sesuatu yang nonsense (omong kosong-red),” kata Mulyana dalam keterangannya yang diterima, Rabu (3/8/2022).

Menurut dia, terminologi demokrasi berakar kuat pada semangat kedaulatan rakyat (people sovereignty).

Dia lebih lanjut menambahkan bahwa demokrasi merupakan antitesis terhadap sistem pemerintahan oligarkis yang cenderung menempatkan elite sebagai pemegang kendali tunggal atas kekuasaan.

Dikarenakan kekuasaan elite adalah sesuatu yang ditolak dalam semangat demokrasi, maka kata dia, kecenderungan kekuasaan bergeser ke kekuatan elite harus dilawan.

Baca juga: Panggung Demokrasi Tribunnews 3 Agustus 2022: Kasus Brigadir J dan Harga Diri Polisi

“Dan kita melihat realitas politik tanah air belakang ini, khususnya menjelang Pemilu 2024, dominasi elite dalam menentukan keputusan publik sangat kentara. Ambil contoh, penentuan bakal calon presiden dan wakil presiden yang kini dimonopoli para petinggi parpol,” ujar Mulyana.

Dia mengatakan, situasi menguatnya pengaruh elite dalam peta perpolitikan jelang Pemilu 2024 menandakan ada yang hilang dalam semangat demokratisasi Indonesia hari-hari ini.

Baca juga: Surya Paloh Ajak Semua Elemen Bangsa Teguhkan Politik Kebangsaan Jelang Pesta Demokrasi 2024

Karena itu, Mulyana menegaskan agar suara rakyat harus kembali diberi ruang demi merehabilitasi citra demokrasi Indonesia yang sedang memburuk.

“Tidak ada cara lain untuk mengembalikan reputasi demokrasi kita yang sedang cacat. Satu-satunya jalan adalah mengembalikan suara rakyat sebagai nilai utama demokrasi,” ujar Mulyana.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat