androidvodic.com

Polres Cirebon Kota Tangkap 3 Komplotan Maling Modus Ganjal ATM - News

News, CIREBON - Polres Cirebon Kota menangkap tiga komplotan maling bermodus ganjal ATM (anjungan tunai mandiri).

Ketiga maling tersebut berinisial SYR, AHS, dan AST. Ketiganya terpaksa ditembak karena melawan saat hendak diamankan anggota Polres Cirebon Kota.

Baca juga: Waspada Komplotan Ganjal ATM Lintas Provinsi: 3 Pelaku Ditangkap di Rejang Lebong

Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar, mengatakan, jajarannya membekuk mereka di wilayah Solo, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, ketiga warga Lampung itu beraksi di ATM yang berada di minimarket di Jalan Pramuka, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat, pada Rabu (27/7/2022) kira-kira pukul 16.58 WIB.

"Dalam peristiwa tersebut, para tersangka membawa kabur Rp 71 juta dari rekening bank milik korban," ujar M Fahri Siregar saat konferensi pers di Mapolres Cirebon Kota, Kota Cirebon, Jumat (5/8/2022).

Ia mengatakan, modus para tersangka dalam beraksi ialah mengganjal lubang untuk memasukkan kartu ke mesin ATM menggunakan tusuk gigi.

Nantinya, saat ada yang menggunakan ATM itu dan mengalami kesulitan, mereka berpura-pura membantu kemudian menukar kartunya.

Selanjutnya mereka mentransfer uang yang tersimpan di rekening bank korban ke rekening bank salah satu tersangka dan menarik tunai untuk dibagi rata.

"Bahkan, termasuk untuk kebutuhan operasional dalam aksi kejahatan komplotan tersebut, ada bagian khususnya," kata M Fahri Siregar

Pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti dari mulai 22 kartu ATM palsu, pakaian, uang tunai, ponsel, tusuk gigi, mobil, dan lainnya.

Selain itu, atas perbuatannya para tersangka juga dijerat Pasal 363 KUHP dan diancam hukuman maksimal tujuh tahun penjara. (*)

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Komplotan Maling Modus Ganjal ATM di Kota Cirebon Didor Polisi, Bawa Kabur Uang Puluhan Juta Rupiah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat