androidvodic.com

Hadiri Pramuka Jateng Berselawat, Ganjar Dorong Pramuka Jadi Agen Perubahan di Masyarakat - News

News, TEGAL - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak anggota Pramuka untuk menjadi agen perubahan di masyarakat.

Hal tersebut diungkapkannya saat menghadiri acara Pramuka Jateng Berselawat dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-61 di halaman Pendopo Kabupaten Tegal, Selasa (30/8/2022) malam.

Ganjar Pranowo mengajak anggota pramuka yang berada di lingkungan Kwarda Jateng untuk mencermati kondisi sosial kemasyarakatan saat ini seperti bahaya narkoba hingga kasus pernikahan di usia muda yang memicu risiko stunting.

Ganjar pun menggalakkan program Jo Kawin Bocah (Jangan Nikah Muda) di kalangan Pramuka agar mereka mampu menjadi agen perubahan dan menyosialisasikannya secara masif di lingkungan masing-masing.

"Ini semua kita dorong agar mereka menjadi kekuatan untuk menginisiasi aktivitas di lingkungan sekitarnya. Jadi sekaligus shalawat sambil mengedukasi para Pramuka kita," kata Ganjar usai acara di Lapangan Pemkab Tegal.

Baca juga: Menko PMK: Pramuka Tempat Ideal Membangun Mental Remaja

Ganjar pun mengungkap soal pentingnya ketahanan pangan dalam menghadapi ketidakstabilan kondisi ekonomi dan politik global.

Menurutnya penanaman komoditas pangan pendampimg beras yang bisa dimulai dengan menanam di pekarangan rumah masing-masing dengan metode politek dan hidroponik.

Untuk itu, Ganjar pun mengajak masyarakat untuk terus menanam.

"Mereka musti membantu tetangga kiri kanannya agar ketahanan pangan bisa dilakukan. Ayo tanami pekarangannya, siapkan tanaman-tanaman pendamping beras, ini kita dorong agar mereka menjadi kekuatan untuk bisa menginisiasi aktivitas di lingkungan sekitarnya," kata Ganjar.

Baca juga: Sejarah Hari Pramuka 14 Agustus dan Arti Lambang Pramuka Tunas Kelapa

Sementara itu, dengan digelarnya Pramuka Jateng Bersholawat, Ganjar mengharapkan pramuka mampu lebih memberikan partisipasi pada banyak hal ihwal kemaslahatan sosial.

Tentunya, lanjut Ganjar, dengan dibarengi nilai-nilai ukhuwah islamiyah yang baik.

Adapun Pramuka Jateng Bersholawat turut dihadiri Wakil Gubernur Jateng Gus Yasin, Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf yang memimpin jalannya selawat, Bupati Tegal Umi Azizah hingga jajaran Forkopimda Kabupaten Tegal.

"Tentu ada saya, Pak Wagub, Bu Bupati, Kwarda Jateng, semuanya berbicara bagaimana kita membangun ukhuwah islamiyah yang baik, pramuka bisa bagus, bisa berpartisipasi pada banyak hal," kata Ganjar.

Gerakan menanam

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat