androidvodic.com

Kang Emil Minta Warga Cianjur Tetap Tenang, karena 'Negara Hadir' dalam Penanganan Bencana - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, CIANJUR - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau Kang Emil menegaskan bahwa 'negara hadir' dalam upaya penanganan terhadap korban gempa bumi Cianjur.

Ia pun meminta kepada awak media untuk menyampaikan informasi yang valid dan menunjukkan bahwa pemerintah melalui Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar dan banyak instansi terkait kini melakukan upaya pengevakuasian dan perawatan bagi para korban.

Baca juga: 16 Orang Korban Gempa Cianjur Dirawat di RSUD Cimacan, 3 Lainnya Dirujuk ke RSUD Ciawi

"Tolong media juga menyampaikan warga (agar) tenang (bahwa) negara hadir," jelas Kang Emil, di Pendopo Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022) malam.

Ia kemudian menjelaskan bahwa salah satu contoh 'kehadiran negara' adalah dengan dikerahkannya aparat untuk hadir dalam pemakaman seratusan korban jiwa akibat bencana ini.

"Bahkan kami juga sudah memerintahkan aparat-aparat untuk hadir di pemakaman, seratusan lebih pemakaman yang mungkin akan terjadi esok hari (hari ini), sebagai simpati kita bahwa negara membersamai musibah masyarakat Cianjur ini," tegas Kang Emil.

Baca juga: PKB Segera Bangun Posko Darurat Bencana Gempa Cianjur, Ajak Semua Pihak Bantu Korban Terdampak

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 5,6 skala richter mengguncang Cianjur, Jawa Barat pada Senin kemarin dan menyebabkan korban jiwa serta kerusakan infrastruktur.

Gempa bumi berkekuatan 5,6 magnitudo yang berpusat di kawasan Kabupaten Cianjur sekitar pukul 13.21 WIB, hingga pukul 21.00 berakibat korban meninggal dunia sebanyak 162 jiwa, 326 luka berat dan ringan, 2.345 rumah rusak dan sekitar 13.400 jiwa mengungsi, Senin (21/11/2022)  (TRIBUN JABAR/Fauzi Noviandi
Gempa bumi berkekuatan 5,6 magnitudo yang berpusat di kawasan Kabupaten Cianjur sekitar pukul 13.21 WIB, hingga pukul 21.00 berakibat korban meninggal dunia sebanyak 162 jiwa, 326 luka berat dan ringan, 2.345 rumah rusak dan sekitar 13.400 jiwa mengungsi, Senin (21/11/2022) (TRIBUN JABAR/Fauzi Noviandi (TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/FAU)

Berdasar data sementara yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur per Senin kemarin, pukul 21.00 WIB, korban meninggal mencapai 162 jiwa.

Sedangkan korban luka ringan mencapai 362 orang dan luka berat sebanyak 2.345 orang, lalu pengungsi mencapai lebih dari 13.400.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat