androidvodic.com

BNPB Sebut Kecil Kemungkinan Letusan Gunung Semeru Picu Tsunami di Jepang - News

News - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut kecil kemungkinan letusan Gunung Semeru menyebabkan tsunami.

Pernyataan BNPB tersebut menanggapi kabar yang menyebut letusan Gunung Semeru dapat membangkitkan tsunami hingga ke Jepang.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, menyampaikan ada beberapa analisis yang menyebut kabar tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Satu di antara analisis itu yakni Gunung Semeru merupakan gunung api darat dengan jarak cukup jauh dari laut.

"Sehingga, potensi letusan/pyroclastic/partial collapse tidak sampai ke laut dan tidak bisa membangkitkan tsunami," ungkapnya dalam keterangan di laman resmi BNPB, Senin (5/12/2022).

"Kemudian, posisi Gunung Semeru berada di Selatan Jawa, jika terjadi longsoran di Pantai Selatan Jawa akibat aktivitas vulkanik, kecil kemungkinan tsunami yang terjadi bisa menjangkau negara Jepang, karena terhalang gugusan pulau-pulau di Indonesia," terang Muhari.

Dengan demikian, kabar yang beredar tentang letusan Gunung Semeru akan menyebabkan tsunami hingga ke Jepang, dapat dipastikan tidak tepat.

Kata Badan Meteorologi Jepang

Senada dengan BNPB, Badan Meteorologi Jepang mengatakan tidak ada dampak tsunami dari erupsi Gunung Semeru, Minggu (4/12/2022).

Sebelumnya, Badan Meteorologi Jepang menyerukan status siaga akan ancaman tsunami, pascaerupsi gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Badan cuaca Jepang memperingatkan bahwa tsunami dapat menerjang dua wilayahnya yakni pulau Miyako dan Yaeyama di prefektur selatan Okinawa pada Minggu sekitar pukul 14:30 waktu setempat, apabila guguran lava dan guncangan gempa terus terjadi.

Hal ini tentunya menjadi ancaman bagi Jepang, mengingat Prefektur Okinawa merupakan rumah bagi pangkalan militer Amerika Serikat di Pasifik.

Baca juga: Update Erupsi Gunung Semeru: Erupsi Kecil Masih Terjadi hingga Berpotensi Timbulkan Kegempaan

Foto selebaran yang diambil dan dirilis Badan Geologi Indonesia pada Minggu, 4 Desember 2022 ini memperlihatkan jembatan Gladak Perak yang terkena awan panas dan abu vulkanik letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
Foto selebaran yang diambil dan dirilis Badan Geologi Indonesia pada Minggu, 4 Desember 2022 ini memperlihatkan jembatan Gladak Perak yang terkena awan panas dan abu vulkanik letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. (AFP/HANDOUT)

2.219 Warga Mengungsi di 12 Lokasi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim mencatat ada 2.219 warga yang mengungsi pascaerupsi Gunung Semeru hingga Minggu (4/12/2022) malam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat