androidvodic.com

Atasi Kesulitan Air Bersih, Mak Ganjar Yogyakarta Bangun Sumur Bor untuk Warga Dusun Pilangrejo - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Relawan pendukung Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Mak Ganjar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meresmikan bantuan pembangunan sumur bor di Dusun Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul.

Bantuan tersebut dalam rangka membantu masyarakat yang kesulitan air bersih.

Sumur bor sedalam 10 meter itu diresmikan Koordinator Wilayah Mak Ganjar DIY, Rindi Astika.

Dia mengatakan, pemilihan Dusun Pilangrejo untuk pembangunan sumur bor bertujuan membantu masyarakat dalam akses air bersih yang sulit didapatkan karena kebanyakan masyarakat masih mengandalkan sumur pribadi.

Selain itu, akses air bersih yang diperoleh masyarakat juga masih berlangganan dan berbayar dari Perusahaan Air Mineral atau PAM.

Baca juga: Cegah Penyebaran Penyakit, Kemensos Sediakan Instalasi Air Bersih di Banten

Kondisi tersebut tentunya cukup menyulitkan masyarakat Dusun Pilangrejo yang rata-rata berprofesi sebagai petani dan ibu rumah tangga.

"Banyak faktor yang membuat kita saat ini berada di Dusun Pilangrejo, salah satunya daerah ini daerah pegunungan, di mana di sini kekurangan air bersih, warga tidak bisa mengandalkan sumur pribadi, sehingga mau tidak mau warga harus berlangganan air PAM dan ada kendala apabila mati lampu dan masyarakat tidak menampung di tandon, otomatis tidak punya air untuk minum, bahkan mandi," ujar Rindi dalam keterangan yang diterima, Kamis (22/12/2022).

Air bersih bagi masyarakat Dusun Pilangrejo selama ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti mencuci, memasak, hingga mandi.

Tak jarang dari mereka yang harus membatasi penggunaan air bersih dikarenakan mengalami kesulitan untuk akses penyaluran air bersih ke setiap rumah.

Baca juga: KSAD Resmikan Titik Sumber Air Program TNI AD Manunggal Air Bersih Seluruh Indonesia dari Kupang

Karena itu, dengan adanya bantuan pembangunan sumur bor dari Mak Ganjar DIY itu, Rindi menyebutkan masyarakat Dusun Pilangrejo yang berjumlah 225 kepala keluarga dengan 665 jiwa itu diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan air bersih secara gratis tanpa harus diberatkan dengan membayar iuran.

"Masyarakat pun antusias menyambut sumur bor ini. Mereka sangat kekurangan air bersih dan mengandalkan air PAM yang berbayar. Namun dengan kehadiran sumur bor ini bisa bermanfaat, asal masyarakat tinggal menyambungkan pipanisasi di setiap rumah dan air akan mengalir ke setiap rumah tanpa harus bayar seperti sumur PAM," ucap Rindi.

Bantuan untuk masyarakat dusun pun tak berhenti di situ.

Setelah membantu pembangunan sumur bor, Mak Ganjar DIY juga menyalurkan bantuan kepada masyarakat dalam bentuk sembako yang ditujukan untuk mengurangi beban masyarakat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat