androidvodic.com

Pembangunan Berbasis Kebudayaan Jadi Fokus Seminar dan Orasi Kebudayaan Indonesia di Padang - News

Pembangunan Berbasis Kebudayaan Jadi Fokus Seminar dan Orasi Kebudayaan Indonesia di Padang

Wahyu Bahar/TribunPadang.com

News, PADANG - Yayasan Pusat Kebudayaan Minangkabau (YPKM) memulai safari untuk menggulirkan kebudayaan menjadi pilar kebijakan nasional.

Satu di antara kegiatan untuk mendorong lahirnya kebijakan pemerintah berbasis kebudayaan ini diwujudkan dengan menggelar Seminar dan Orasi Kebudayaan Indonesia.

Seminar dan orasi kebudayaan itu bertema 'Kekuatan dan peran kebudayaan untuk pembangunan nasional' digelar di Hotel Truntum Kota Padang Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pada Kamis (22/12/2022) malam.

Baca juga: Antusiasme Masyarakat Minang Sambut Erick Thohir saat Tinjau Proyek Infrastruktur BUMN di Sumbar

Ketua Pembina YPKM, Irman Gusman saat orasi budayanya mengatakan, pihaknya mendorong kebudayaan menjadi konsep pilar dalam pembangunan Nasional, dengan melahirkan pemikiran kuat terhadap kebijakan berbasis kebudayaan.

"Mudah-mudahan Sumatera Barat tetap berkontribusi besar, bukan hanya mengekspor minyak hingga sawit, melainkan memperkenalkan kebudayaan, kesenian, kuliner Ranah Minang hingga dapat dinikmati seluruh masyarakat Indonesia," ujar Irman Gusman.

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh nasional hingga tokoh asal Sumbar, di antaranya Dirjen kebudayaan Mendikbud Ristek RI, Hilmar Farid,  Gubernur Sumbar, Mahyeldi, Steering Committee (SC) Kongres Kebudayaan, Prof. Nusyirwan Effendi, tokoh pers dan sejarawan Hasril Chaniago dan lain sebagainya.

Baca juga: Kemendikbudristek Perkenalkan Budaya Matrilineal Minangkabau ke Level Internasional

Dirjen kebudayaan Mendikbud Ristek RI Hilmar Farid mengatakan, ekonomi yang berbasis kebudayaan budaya itu tumbuh sangat pesat, tapi menurutnya mesti dibedakan dengan industri kreatif.

Ia menuturkan, negara macam Korea Selatan menjadi sangat super-power di industri kreatif dengan budaya pop culture-nya. Begitu juga Amerika Serikat tetap menjadi leading dalam industri kreatif dan teknologi.

"Dalam pembangunan tidak ada satu ukuran yang berlaku umum, Indonesia dalam konteks ini punya ke aneka ragaman hayati yang terbesar, kalau tidak salah kedua terbesar di dunia," kata Hilmar.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat sambutannya menyampaikan, kebudayaan Minangkabau hingga hari ini masih eksis dan tetap dijaga seiring berkembangnya zaman.

Lapau (warung), surau, dan rantau adalah tiga tempat orang Minang dalam berkehidupan. Di Lapau kata dia, tumbuh pemikiran-pemikiran besar, situasi politik dunia bahkan dibahas oleh orang Minang di lapau-lapau perkampungan.

"Konsep 'Dima bumi dipijak distil langik dijunjung' juga masih bertahan, di mana-mana tidak ada kampung Minang, karena masyarakat Minang itu bisa beradaptasi dan berbaur dengan siapa pun," ujar Mahyeldi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat