androidvodic.com

Bantu Pemulihan Korban, DPD DKI Jakarta IKA Undip: Bencana Gempa Cianjur Duka Seluruh Anak Bangsa - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Kondisi korban gempa Cianjur, Jawa Barat pada 21 November 2022 lalu belum pulih sepenuhnya.

Bantuan pemulihan masih diperlukan untuk mengembalikan keadaan seperti sebelumnya.

Berkenaan dengan ini, sejumlah pengurus Dewan Pimpinan Daerah DKI Jakarta Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (IKA Undip) berkoordinasi dengan DPD Jawa Barat turun langsung memberikan bantuan kepada para pengungsi di sejumlah desa di Cianjur.

Rombongan Pengurus DPD DKI yang dipimpin langsung oleh Ketua DPD DKI Noor Rahmad menyalurkan bantuan ke Desa Ciputri, Desa Mekarsari, dan di Kampung Padaruum, Desa Benjot, Kecamatan Cugenang, Cianjur.

Adapun bantuan yang diberikan berupa hunian sementara (huntara), WC darurat, sembako seperti gula, air mineral, bantuan tunai, kompor gas, selimut, sarung, bingkisan untuk anak-anak dan obat-obatan.

"Hati kami terenyuh menyaksikan kehidupan para korban gempa di Cianjur. Kehilangan tempat tinggal, bahkan sanak keluarga tentu bukan sesuatu yang mudah. Ini merupakan duka seluruh anak bangsa. Karenanya, kami tergerak untuk ikut membantu dan sedikit meringankan beban para warga," kata Noor Rachmad dalam keterangannya, Jumat (30/12/2022).

Mantan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) ini menerangkan bahwa bantuan yang diberikan merupakan bentuk solidaritas meringankan kesulitan sesama.

Wakil Ketua DPD DKI IKA Undip, Koeshartanto mengatakan giat pelayanan kesehatan juga dilakukan di lokasi. Dalam pengumpulan bantuan, pihaknya menggalang dana kemanusiaan yang selanjutkan disalurkan dalam berbagai bentuk secara langsung kepada warga terdampak di lokasi.

"Para pengurus DPD DKI IKA Undip menggalang dana kemanusiaan. Selanjutnya, kita menyalurkan bantuan dalam berbagai bentuk secara langsung kepada warga yang terdampak gempa," kata Direktur SDM Pertamina periode 2018-2021 ini.

Sekretaris Umum Pengurus Pusat Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PP IPPAT) Otty Ubayani berharap bantuan yang diberikan kepada korban gempa Cianjur dapat bermanfaat dan bencana serupa tidak terjadi di kemudian hari.

Baca juga: Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas Salurkan Logistik Dapur Umum, Bantu Korban Gempa Cianjur

"Kami juga berdoa bencana ini tidak terjadi lagi dan warga segera direlokasi ke tempat yang lebih aman. Rumah-rumah warga bisa segera selesai dibangun dan dapat ditempati, sehingga tidak lagi tinggal di pengungsian," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat