androidvodic.com

Warga Kota Payakumbuh Berusia 65 Tahun Bersepeda ke Arab Saudi - News

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru Teddy Tarigan

News, RIAU - Muhammad Yusuf (65), warga Kota Payakumbuh, Sumatera Barat mengayuh sepeda ke tanah Suci Mekkah, Arab Saudi.

Yusuf menyempatkan diri singgah bersilaturahmi ke Mapolres Kepulauan Meranti, Selat Panjang, Provinsi Riau, pada Senin (9/1/2023) pagi.

Ia mendapat sambutan hangat dari Wakapolres Kepulauan MerantiKompol Robet Arizal SSos, bersama sejumlah pejabat utama Polres.

Kompol Robert pada kesempatan itu mengapresiasi niatan dari Yusuf.

Yusuf memiliki nilai inspiratif dan perjuangan luar biasa dari seseorang untuk bisa ke tanah suci Mekkah hanya untuk beribadah.

Baca juga: Muhammadiyah Bersyukur Indonesia Dapat Kuota Haji 221.000 Jemaah: Mengurangi Antrean Calon Haji

"Ini sungguh luar biasa. Jauh-jauh bersepeda, pak Yusuf menyempatkan diri singgah ke Mapolres Meranti untuk bersilaturahmi.

Salut buat beliau, di usia yang sudah senja masih punya semangat tinggi untuk menjelajah dunia," ungkap Kompol Robet dilansir dari TribunPekanbaru.com, Senin (9/1/2023).

Saat kunjungan itu, Wakapolres tidak lupa memberikan bantuan untuk akomodasi perjalanan dan piagam penghargaan kepada Muhammad Yusuf.

"Sebagai bentuk penghargaan, kita memberikan sedikit bantuan finansial dengan maksud dapat membantu akomodasi selama perjalanan.

Muhammad Yusuf bersepeda ke Mekkah. Ia berangkat dari Payakumbuh dan mampir di Polres Meranti di Kota Selat Panjang
Muhammad Yusuf bersepeda ke Mekkah. Ia berangkat dari Payakumbuh dan mampir di Polres Meranti di Kota Selat Panjang (Tribunpekanbaru.com)

Selain itu, ada juga piagam penghargaan atas keinginan dan semangat yang luar biasa beliau," ucapnya.

Muhammad Yusuf mengaku, perjalanan itu ia lakukan untuk menyalurkan hobi bersepeda dengan tujuan ke tanah Suci Mekah untuk melaksanakan ibadah.

Selain itu ia berniat mengenalkan adat istiadat Minangkabau, tanah asalnya kepada masyarakat di setiap daerah yang dilalui dan disinggahinya.

Adapun rencana rute yang akan ditempuhnya mulai dari kota Payakumbuh, Pekanbaru, Kepulauan Meranti, kota Batam (Kepulauan Riau).

Baca juga: Kisah Kamar Barokah di Mekkah, Tempat untuk Suami Istri Bisa Berduaan Setelah Selesai Berhaji

Ia akan melewati 10 negara sebelum memasuki Arab Saudi yakni Singapura, Malaysia, Thailand dan Myanmar.

Kemudian melintas ke Bangladesh, India, Pakistan, Afganistan, Iran, United Emirat Arab, dan terakhir Arab Saudi.

"Sebelumnya, kegiatan bersepeda juga sudah saya lakukan dengan mengelilingi seluruh wilayah Indonesia pada tahun 2020 lalu," ungkap  Muhammad Yusuf.

Artikel ini telah tayang di TribunPekanbaru.com dengan judul Muhammad Yusuf ke Mekkah Pakai Sepeda, Berangkat dari Payakumbuh Mampir di Selat Panjang

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat