androidvodic.com

BPBD Bangka Belitung Minta Warga Pesisir Waspada akan Fenomena Super New Moon, Berpotensi Banjir Rob - News

News, BANGKA - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung, Mikron Antariksa mengatakan, pihaknya telah menerima peringatan banjir rob dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Potensi terjadi banjir rob ini dikarenakan adanya fenomena Super New Moon atau Fase Bulan Baru pada tanggal 21 Januari 2023.

"Untuk potensi terjadi di pesisir Babel itu terhitung 20-28 Januari, sehingga kami harap masyarakat di wilayah pesisir untuk waspada," ujar Mikron, Kamis (19/1/2023).

Baca juga: Banjir Rob Terjadi di Pesisir Jakarta pada 3-10 Januari 2023 Akibat Fenoma Full Moon, Apa Itu?

Ia pun mengingatkan kepada masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terutama yang berada di area pesisir harus waspada akan potensi banjir rob.

Tak hanya Bangka Belitung berdasarkan rilis dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tertanggal 18 Januari 2023 bahwa ada 19 daerah lagi yang berpotensi terjadi hal serupa.

Pihak BPBD akan sigap dalam hal ini, serta Mikron mengimbau para personil untuk mengaktifkan kembali piket dan patroli di lokasi pesisir.

"Informasi peringatan cuaca ini sudah kami teruskan ke personil dan masyarakat agar diketahui dan bisa diantisipasi," katanya.

Untuk titiknya, Mikron menyampaikan potensi banjir ini rawan terjadi di tujuh kabupetan kota, Pangkapinang juga mesti waspada sebab dekat dari pemukiman.

"Tak hanya gelombang tinggi, angkin kencang dan hujan juga berpotensi terjadi secara bersamaan, maka hindari beraktivitas di luar rumah apalagi di area laut," katanya.

Baca juga: BMKG: Banjir Rob Berpontensi Landa Sejumlah Wilayah pada Awal-Pertengahan Januari 2023

Sebelumnya, Mikron mengatakan pihaknya mempersiapkan call center 117 yang dapat digunakan masyarakat dalam hal pengaduan bila terjadi bencana.

"Yang jelas call center 117 itu digunakan tentang bencana, laporan akan kami tanggapi dan respon, kami berharap yang melapor tetap dengan dasar yang kuat dan tidak hoaks," katanya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Waspada!, Fenomena Super New Moon Berpotensi Terjadi Banjir Rob di Wilayah Pesisir Bangka Belitung

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat