androidvodic.com

Ribuan Pasukan Semut dari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya Diterjunkan untuk Bersihkan Sampah - News

News - Sebanyak 1.500 Pasukan Semut dari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) diterjunkan untuk sukseskan Satu Abad NU.

Pasukan Semut berisikan dosen, karyawan, dan mahasiswa Unusa yang mempunyai tugas untuk membersihkan sampah yang ditinggalkan oleh masyarakat selama acara Satu Abad NU di GOR Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023).

Meski sudah mengantisipasi persoalan sampah, pihak panitia juga sebelumnya telah mengajak masyarakat umum untuk menjadi relawan di berbagai bidang.

Di antaranya menjadi relawan Pasukan Semut.

“Rangkaian acara yang akan berlangsung selama 24 jam nonstop ini, dengan massa ratusan ribu orang tentu akan meninggalkan banyak sampah," ujar rektor Unusa Achmad Jazidie, seperti yang diwartakan TribunJatim.com.

"Itu sebabnya Unusa ingin mengambil peran yang tidak biasa dilakukan oleh banyak orang, melakukan bersih-bersih sampah setelah acara selesai lewat pembentukan Pasukan Semut," imbuhnya.

Baca juga: Profil Singkat 9 Tokoh NU yang Berpeluang Jadi Cawapres Anies, Ganjar, atau Prabowo

Pihak kampus menerjunkan Pasukan Semut karena sebagai universitas yang menyandang nama besar NU, pihaknya merasa perlu untuk melakukan sesuatu yang berarti ketika perayaan Satu Abad NU.

Para Pasukan Semut dibekali dengan tiga plastik berbeda.

Plastik merah untuk sampah basah, plastik kuning untuk sampah kering, dan plastik hitam untuk sampah plastik.

Pengelolaan sampah ini dilakukan agar mudah untuk memilih sampah mana yang bisa didaur ulang.

"Karena apabila sampah yang tidak terkelola dengan baik dapat menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan manusia dan lingkungan," ujarnya.

Pasukan Semut melakukan Apel Siaga di halaman Kampus B Unusa, Surabaya. Mereka diterjunkan untuk membantu membersihkan sampah pada acara harlah 1 Abad NU di GOR Sidoarjo.
Pasukan Semut melakukan Apel Siaga di halaman Kampus B Unusa, Surabaya. Mereka diterjunkan untuk membantu membersihkan sampah pada acara harlah 1 Abad NU di GOR Sidoarjo. (TRIBUNJATIM.COM/ZAINAL ARIF)

Jadwal Acara Resepsi Puncak Harlah 1 Abad NU 2023

Berikut ini jadwal acara resepsi puncak Harlah 1 Abad NU 2023 yang dirangkum dari Surya.co.id

Ritual NU (00.00-07.00 WIB)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat