androidvodic.com

Cerita Misnawati Saksikan Detik-detik Rumahnya di Lahat Hanyut Terbawa Arus Banjir: Ini Paling Parah - News

News, LAHAT - Misnawati (60) tak bisa menyembunyikan kesedihanya. Air matanya terus mengalir saat mengingat detik-detik rumahnya hanyut terbawa arus banjir.

Warga Desa Lubuk Sepang, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, ini harus kehilangan tempat tinggal yang ia tempati bersama suami, anak menantu dan cucunya lantaran diterjang banjir bandang yang terjadi, Kamis (9/3/2023).

"Sekira pukul 07.00 WIB air sudah kami lihat mulai masuk pemukiman. Kami mulai siaga. Tiba tiba, ada warga Desa Tanjung Sirih datang ke desa dan mengabarkan kalau air sungai pasang. Kami diminta waspada," ujarnya.

Baca juga: Banjir Bandang di Lahat Merendam Ratusan Rumah, 40 Hektare Sawah Gagal Panen

Air pun kian deras hingga tak membutuhkan waktu yang lama untuk menerjang pemukiman. Ia, kata Misnawati dan keluarga kemudian berusaha menyelamatkan diri.

Belum hilang dari pandanganya, air terus mengalir deras hingga menghanyutkan rumahnya. Misnawati mengaku tidak kuasa saat itu untuk menyelamatkan rumah dan barang-barang berharga miliknya.

"Air cak gelombang seketika menghantam rumah dan perlahan menyeret rumah yang kami tinggali selama ini. Tidak ada harta yang bisa diselamatkan kecuali baju di badan," katanya.

Melihat derasnya air membuat ia dan warga lainya takut. Wargapun berupaya menyelamatkan diri dengan berlari ke arah jalan lintas Lahat Kota Pagar Alam.

"Banjir kali ini paling parah. Air begitu deras. Saat ini puluhan rumah warga tidak bisa dihuni karena masih terendam," ujarnya.

Baca juga: BPBD Sebut Banjir Bandang di Kabupaten Lahat Mulai Surut: Jalan dan Jembatan Rusak

Setidaknya empat rumah warga di Desa Lubuk Sepang, Kecamatan Pulau Punang, Kabupaten Lahat hanyut disapu banjir bandang. Empat rumah yang hanyut tersebut milik Sarma, Jimil, Sutas dan Edi Sofian.

Kepala Desa Lubuk Sepang, Verli Trinurhadi mengungkapkan ada 95 kepala keluarga yang terdampak banjir. Untuk rumah yang terendam dan mengalami kerusakan ringan sebanyak 75 unit sementara empat unit rumah warga hanyut.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Hanya saja, rumah dan barang-barang milik warga banyak yang hanyut.

Banjir Mencapai 4 Meter

Banjir bandang menerjang Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel), setelah diguyur hujan semalaman, Kamis (9/3/2023).

Hujan terus turun mengakibatkan sejumlah sungai di Kabupaten Lahat meluap.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat