androidvodic.com

Banjir Bandang di Lahat: 25 Rumah Warga Keban Agung Hanyut - News

Laporan Wartawan Sripoku. Com Ehdi Amin

News, LAHAT- Setidaknya 25 rumah warga Desa Keban Agung, Kecamatan Mulak Sebingkai, Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan hanyut dibawa banjir bandang, Kamis (9/3/2023).

Selain itu, rumah warga yang mengalami rusak berat sebanyak 16 unit dan 22 unit alami rusak ringan.

Baca juga: Banjir di Lahat Sumatra Selatan: 4 Desa Terdampak, Puluhan Rumah Hanyut, 1 Warga Belum Ditemukan

Bagi warga Desa Keban Agung, musibah banjir bandang kedua kalianya setelah sebelumnya terjadi di tahun 2020. Hingga berita ini dimuat, saat ini warga sedang berusaha membersihkan puing sisa rumah. Banjir bandang yang menimpa warga dampak sungai air Mulaj meluap.

"Kejadianya sekita pukul 09.00 wib. Warga saat itu banyak yang sudah beraktifitas, "sampai, Wansyah, yang rumahnya hanyut, saat dibincangi, Jumat (10/3/2023).

Dikatakanya, sebelum kejadian warga sebenarnya sudah mukai khawatir lantaran air sungai mulak terus membesar dan arusnya kian deras.

"Seketika air membesar. Tak lama banyak kayu kayu besar yang terbawa arus hingga menghantam rumah, "kenangnya, seraya mengatakan ia bersuyukur tidak ada korban jiwa meski harta benda yang ia miliki habis.

Baca juga: UPDATE Banjir Bandang di Lahat: Seorang Warga Hilang, 26 Rumah di Desa Gunung Agung Hanyut

Sementara, hujan deras dan meluapnya sejumlah sungai di Kabupaten Lahat, berdampak banjir bandang. Ada ratusan rumah yang terendam dan mengalami kerusakan.

Puluhan rumah hanyut, puluhan hektar sawah terendam hingga gagal panen. Selain itu, fasilitas umum seperti pendidikan, perangkat desa mengalami kerusakan.

Bupati Lahat, Cik Ujang, SH sendiri sudah mendatangi lokasi banjir. Dirinya sendiri menegaskan akan membantu warga yang terkena dampak baik itu berupa sembako mauoun, pakaian dan obat obatan. Ia juga akan menyiagakan petugas kesehatan.

Baca juga: Banjir di Lahat Telan 1 Korban Jiwa dan 4 Rumah Hanyut hingga Akses Jembatan Terputus

"Untuk dapur umum sudah kita dirikan di Lubuk Sepang dan Desa Keban Agung, "ujar Kepala Dinas Sosial, Ekman. Ean

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat