androidvodic.com

Gunung Anak Krakatau Berstatus Siaga, Warga Dilarang Beraktivitas Radius 5 Km dari Kawah Aktif - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, BANTEN - Saat ini bukan hanya Gunung Merapi saja yang berstatus siaga, beberapa gunung lainnya pun memasuki status sama, satu di antaranya Gunung Anak Krakatau (GAK).

Gunung Anak Krakatau yang terletak di antara Lampung dan Banten dan memiliki ketinggian 157 meter di atas permukaan laut (mdpl) terpantau memiliki cuaca berawan hingga mendung.

Kendati demikian, angin bergerak lemah ke arah Barat Laut, sedangkan ombak laut pun tergolong tenang.

Baca juga: Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi Pagi Tadi, Tinggi Kolom Letusan Capai 500 Meter

Dikutip dari laman magma.esdm.go.id, Senin (13/3/2023), sejak pukul 00.00 hingga 06.00 WIB, suhu udara di area tersebut mencapai sekitar 25,8 hingga 26,1 derajat Celcius.

Sementara itu, kelembaban udara mencapai 70 persen.

Terkait kegempaan, per hari ini, terjadi 1 kali gempa tremor menerus, dengan amplitudo 1 hingga 30 mm, namun lebih didominasi 6 mm.

Terkait aktivitas terkini di Gunung Anak Krakatau tersebut, baik masyarakat, wisatawan maupun pendaki diharapkan untuk tidak mendekati gunung itu atau beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah aktif.

Baca juga: Hari Ini Gunung Anak Krakatau Erupsi 4 Kali, Ketinggian Abu Capai 500 Meter

Selain Gunung Merapi dan GAK, dua gunung api lainnya yang berstasu siaga saat ini adalah Gunung Karangetang di Sulawesi Utara dan Gunung Semeru di Jawa Timur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat