androidvodic.com

9 Hari Pasca Lebaran, 393.600 Pemudik Telah Kembali ke Jakarta Lewat Stasiun Pasar Senen dan Gambir - News

Laporan Wartawan News Rahmat W. Nugraha.

News, JAKARTA - Kepala Humas PT KAI Daop I Eva Chairunisa mengungkapkan sembilan hari pasca lebaran 393.600 pemudik disebut telah kembali ke Jakarta melalui Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir.

"Secara total selama kurun waktu sembilan hari pasca lebaran yakni mulai 24 April sampai 2 Mei 2023 terdapat sekitar 393.600 penumpang turun di area Daop 1 Jakarta," kata Eva dalam keterangannya, Selasa (2/5/2023).

Dikatakan Eva dari jumlah sekitar 393.600 penumpang yang turun selama 9 hari tersebut, sekitar 153.358 merupakan penumpang turun di Stasiun Pasar Senen.

"Sementara itu 136.360 penumpang turun di Stasiun Gambir, 37.900 penumpang di Stasiun Bekasi, 38.700 penumpang di Stasiun Jatinegara dan sisanya penumpang turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek," sambungnya.

Menurut Eva jumlah tersebut mengalami peningkatan hingga dua kali lipat dari masa normal.

"Peningkatan volume pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta akan terjadi hingga tanggal 3 Mei 2023 dimana sekitar 37 ribu penumpang terdata, telah melakukan pemesanan tiket untuk menuju area KAI Daop 1 Jakarta pada tanggal tersebut," tegasnya.

Adapun sebelumnya KAI Daop 1 Jakarta juga telah melakukan sejumlah persiapan untuk moment arus balik, diantaranya menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang.

Sehingga diharapkan bagi penumpang yang baru tiba dan menunggu jemputan tidak berdiri dan meletakan barang nya pada area tertentu yang dapat menggangu arus lalu lalang penumpang lain di stasiun.

Sejumlah petugas Costumer Service Mobile (CSM) juga siapkan untuk melayani informasi dan mengatur alur calon penumpang yang baru tiba. Petugas tambahan untuk pengatur kendaraan juga disiapkan disejumlah titik pada area parkir stasiun.

Dari sisi keamanan dan keselamatan Daop 1 Jakarta juga bekerja sama dengan TNI dan Polri pengamanan seluruh objek vital pada masa angkutan lebaran. Kerjasama dengan Basarnas dan 45 provider Rumah Sakit juga dilakukan guna percepatan penanganan kondisi darurat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat