androidvodic.com

Ganjar Pranowo: Syarat Hidup Sehat adalah Pemukiman yang Sehat - News

News, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) telah melakukan renovasi pada 1,2 juta rumah melalui program Bedah Rumah Pemprov Jateng.

Dalam video pendek yang diposting Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, ada satu rumah yang mendapatkan bantuan renovasi.

Rumah tersebut milik seorang buruh serabutan bernama Aris Winarto yang hidup di rumah itu bersama istri dan anak-anaknya.

Ia mengatakan bahwa atap rumahnya itu sejak awal tidak menggunakan asbes, bahkan huniannya tersebut cenderung sangat sempit.

Selain itu, lantainya pun hanya berlapis tanah yang diplester.

"Awalnya ini (atapnya) bukan asbes, tempatnya sempit sekali, jadinya saya buat emperan dari bambu. (Lantainya) masih tanah, tapi ya saya plester semua setelah bekerja, ia pulang untuk mengaduk semen dan memasang plester yang dikerjakan selama 2 hari," kata Aris, dalam video yang diposting di akun Twitter @ganjarpranowo, Selasa (16/5/2023).   

Baca juga: Provinsi Jateng Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik dari Bappenas untuk Ketiga Kalinya

Aris menyampaikan bahwa semua material bangunan yang digunakan untuk membangun rumahnya saat ini merupakan bantuan dari Gubernur Jawa Tengah.

"Untuk beli ini, semuanya kan bantuan bapaknya (Pak Ganjar), atapnya ada 25 lembar lebih (asbes), dinding, kalsi board, kaso, sama cat ini. (Rumah saya dibangun) jadi lebar yang awalnya dari sempit," papar Aris.

Ia pun bersyukur mendapatkan bantuan program Bedah Rumah dari Pemprov Jateng.

"Saya sangat berterima kasih sekali dibantu, rumahnya bisa tambah luas," pungkas Aris.

Buruh serabutan warga Jawa Tengah bernama Aris Winarto yang hidup di rumah tidak layak bersama istri dan anak-anaknya.
Buruh serabutan warga Jawa Tengah bernama Aris Winarto yang hidup di rumah tidak layak bersama istri dan anak-anaknya. (capture video pendek di Twitter @ganjarpranowo)

Saat ini, rumah Aris yang dulu lapuk dan nyaris ambruk telah direnovasi menjadi hunian layak dan bagus 

Buruh serabutan ini pun kini tidak perlu khawatir rumahnya akan roboh.

Ganjar pun menuliskan cuitan bersamaan dengan postingan video itu, bahwa salah satu syarat untuk dapat hidup secara sehat adalah memiliki hunian maupun tinggal di pemukinan yang sehat pula.

"Salah satu syarat hidup sehat adalah kepemilikan pemukiman yang sehat. Mulai dari keberadaan jamban, lantai rumah sampai dinding yang tidak mudah lapuk," kata Ganjar, dalam akun Twitternya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat