androidvodic.com

WNA Wanita Telanjang di Panggung saat Pentas Tari, Wagub Bali akan Menindak Tegas - News

News - Warga Negara Asing (WNA) wanita yang telanjang dan naik ke panggung pementasan tari di Ubud, Gianyar, Bali telah diamankan.

Peristiwa ini terjadi pada Senin (22/5/2023) sekitar pukul 20.00 WITA.

Wanita asal Jerman berinisial DT tersebut langsung diamankan Satpol PP.

Ia dibawa ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Bali Bangli pada Selasa (23/5/2023) sekitar pukul 02.06 WITA.

Wakil Gubernur Bali, Prof Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) menyayangkan tindakan warga negara asing (WNA) yang telanjang di Puri Ubud saat pementasan tari-tarian sedang berlangsung beberapa waktu lalu.

Baca juga: Warga Rusia di Bali Kembali Berulah, Aniaya Satu Keluarga Karena Ditegur Merokok di Ruang Ber-AC

“Kita menyesalkan hal itu terjadi terlebih lagi di Ubud yang dikenal kultur budayanya sangat kuat sekali, tapi sebagaimana yang diberitakan dan info yang saya dapatkan ini memang (WNA) tersebut gejala stresnya sudah terlihat beberapa hari,” kata Cok Ace ketika ditemui di Wiswa Sabha, Denpasar, Bali, Kamis 25 Mei 2023.

Kejadian ini tentunya sangat mengagetkan baginya, terlebih Ubud merupakan tanah kelahirannya.

Ia berharap ke depannya kejadian seperti ini tidak terulang dan mengajak seluruh stakeholder agar sama-sama peduli dan memperhatikan hal tersebut.

Menurutnya, ketika dilihat di video tersebut respon masyarakat cepat sehingga WNA tersebut bisa diambil alih dengan cepat dan dibawa keluar dari Puri dan langsung dibawa ke RSJ Provinsi Bali di Bangli.

“Ini bukan hanya persoalan Bali. Ada negara yang sedang berperang, ada ekonominya tertekan dan Bali menjadi daya tarik luar biasa dibandingkan negara lainnya. Jadi semua murah, masyarakat ramah datanglah mereka ke Bali. Tidak hanya yang baik-baik saja, namun yang stres juga datang ke Bali,” imbuhnya.

Kata Cok Ace, selanjutnya adalah bagaimana seluruh pihak menyikapi fenomena global ini, terlebih Bali dikenal masih berpedoman pada kesantunan dan situasi seperti ini akan diatasi dengan memberi penjelasan pada Wisman bahwa ada hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Menurutnya, negara lain pun jelas menganggap hal tersebut tidak etis.

Baca juga: Video Syur Siswi SMP di Buleleng Bali Tersebar, Polisi Turun Tangan, Rekaman Diduga Disebar Teman

Kata Cok Ace, Tim Pora (Pengawas orang asing) Imigrasi juga masih terus melakukan atas 3 lingkup yang diprioritaskan, seperti ketertiban, lalu lintas, kemudian masalah administrasi terkait visa bahkan pihaknya sudah sering mengadakan sidak di lapangan.

Cok Ace menegaskan, WNA seperti itu pastinya akan ditindak tegas, apalagi terlihat pelanggaran tata tertib.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat