androidvodic.com

Gempa M 2,4 Berpusat di Darat Guncang Kabupaten Semarang Pagi Ini, BMKG Sebut Akibat Sesar Lokal - News

News - Wilayah Ambarawa, Banyubiru, dan sekitarnya di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah diguncang gempa bumi M 2,4 yang berpusat di darat, Sabtu (27/5/2023) pukul 04.47 WIB.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan dari analisis menunjukkan gempa bumi ini berpusat pada koordinat 7.31 LS dan 110.33 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada kedalaman 10 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal," ungkap Daryono melalui keterangan tertulis, Sabtu.

Berdasarkan hasil pemodelan peta guncangan (shakemap), gempa bumi ini dirasakan di Kecamatan Banyubiru, Kecamatan Jambu dengan skala intensitas I - II MMI.

Pada skala ini, getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luarbiasa oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

"Hingga pukul 06.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock)," ungkapnya.

Skala MMI Gempa Bumi :

I MMI

Getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luarbiasa oleh beberapa orang

II MMI

Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

III MMI

Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

IV MMI

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat