androidvodic.com

Ridwan Kamil Perintahkan Wagub Jabar Kumpulkan Ratusan Kiai Terkait Polemik Ponpes Al-Zaytun - News

News, BANDUNG - Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar), UU Ruzhanul Ulum mendapat perintah dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terkait Ponpes Al-Zaytun.

UU Ruzhanul Ulum mengatakan akan mengumpulkan ratusan kiai di Gedung Sate, Kota Bandung menyikapi polemik Ponpes Al-Zaytun.

Baca juga: Ajaran Ponpes Al-Zaytun Menyimpang, MUI Desak Pemerintah Proses Hukum Panji Gumilang

Dikatakan Uu, pertemuan itu rencananya bakal dilaksanakan pada Senin 19 Juni 2023, untuk menyikapi dugaan isu penyimpangan yang diajarkan di Pondok Pesantren pimpinan Panji Gumilang.

"Pak Gubernur tadi malam memerintahkan kepada saya untuk merespons apa yang terjadi hari ini, tentang Al-Zaytun," ujar Uu, dalam video yang diterima Tribun, Sabtu (17/6/2023).

Saat ini, kata Uu, Pemerintah Provinsi belum dapat membuat keputusan apapun terkait Al-Zaytun, sebelum ada musyawarah dengan pihak ulama dan pimpinan Al-Zaytun.

"Saya berada di dalam keadaan yang belum bisa membuat keputusan pemerintah Provinsi, sebelum ada gerakan permusyawaratan yang akan dilaksanakan pada Senin nanti," katanya.

Baca juga: MUI Terus Selidiki Dugaan Ponpes Al Zaytun Terafiliasi dengan NII

Dalam pertemuan nanti, Uu bakal mengajak ratusan ulama dari organisasi masyarakat (Ormas) keagamaan, pimpinan pondok pesantren hingga Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Jadi, minimal saya akan mengundang 300 kiai di situ ada ormas islam, kemenag, MUI dan pimpinan pondok pesantren, karena tidak semua pimpinan pondok pesantren masuk MUI atau ormas," ucapnya.

Uu pun meminta kepada masyarakat agar bersabar dan tidak melakukan pengerahan masa ke Pondok Pesantren Al-Zaytun.

"Jadi, hentikan gerakan itu, percayakan kepada pemerintah, Insya Allah Pemerintah akan sebijaksana mungkin sesuai dengan norma yang ada," katanya.

Baca juga: Kata Pengamat soal Al Zaytun Indramayu yang Didemo Massa, Sebut Ponpes Harus Terbuka

"Tolong jangan main hakim sendiri, tunggu pemerintah, karena kami tidak akan pernah diam," tambanya.

Penulis: Nazmi Abdurrahman

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Wagub Jabar Uu Akan Kumpulkan Ratusan Kiai Bahas Ponpes Al-Zaytun, Kini Belum Bisa Ambil Keputusan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat