androidvodic.com

Antraks di Jawa Timur, Keluar Masuk Sapi di Blitar Diawasi hingga Sejumlah Warga Pacitan Jadi Suspek - News

News - Temuan Antraks beberapa waktu yang lalu di Gunungkidul DI Yogyakarta juga menjadi perhatian dinas terkait di Provinsi Jawa Timur.

Seperti di Blitar, Jawa Timur, pihak terkait telah menyiapkan langkah untuk mencegah penularan Antraks.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Blitar pun bakal melakukan pengawasan ketat lalu lintas hewan ternak yang masuk ke Kota Blitar.

Plt Kepala DKPP Kota Blitar, Dewi Masitoh mengonfirmasi hal tersebut.

"Kami perketat pengawasan pergerakan lalu lintas sapi di Kota Blitar. Karena kami punya Pasar Hewan Dimoro, yang merupakan salah pasar hewan terbesar di Jatim. Kami kerja sama dengan Disperindag untuk pengawasan lalu lintas sapi," ungkapnya.

Dewi Masitoh mengatakan, kasus penyakit antraks pada sapi dan manusia di Gunung Kidul, Yogyakarta, sangat mengejutkan publik.

Baca juga: Soal Kasus Antraks di Gunungkidul, Tak Ada Pasar yang Ditutup hingga 2 Warga Diduga Positif

Karena antraks merupakan penyakit yang bersifat PHMSZ, yaitu penyakit hewan menular strategis dan zoonosis. Zoonosis adalah penyakit hewan yang menular kepada manusia.

Ia menjelaskan, penyakit antraks disebabkan oleh bakteri bacillus anthracis yang bersifat spora. Bakteri tersebut tahan lama karena punya kapsul atau spora.

"Bakteri tersebut bisa bertahan di tanah, air dan di rumput selama 40-70 tahun. Apalagi kondisi cuaca seperti sekarang ini, sangat mendukung sekali bakteri maupun kuman penyakit untuk berkembang biak," ujarnya.

Dikatakannya, selain pengawasan lalu lintas sapi, pelaksanaan vaksinasi juga jauh lebih penting untuk pencegahan penularan penyakit antraks.

Namun, sampai sekarang, DKPP Kota Blitar belum mendapatkan kiriman vaksin antraks dari Pemprov Jatim.

"Untuk itu, kami berharap kepada masyarakat, khususnya peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan peralatan kandang," katanya.

Menurutnya, gejala penyakit antraks, yaitu pecahnya pembuluh darah pada sapi dengan ciri-ciri keluarnya darah dari lubang-lubang alami, baik hidung, mulut dan anus.

"Misalnya, ada sapi mati mendadak disertai pendarahan di lubang alami, itu perlu dicurigai. Kadang juga terjadi pembengkakan di bawah leher. Peternak harus tahu soal itu," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat