androidvodic.com

Kawanan Babi Hutan dari Hutan Karet Masuki Pemukiman, Resahkan Warga Ciamis - News

News, JAKARTA - Kawanan babi hutan yang masuk ke pemukiman warga meresahkan warga Dusun Cipurut, Desa Cisaga, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (20/7/2023).

Kawanan babi hutan sebanyak empat ekor tersebut turun dari hutan karet dan masuk ke permukiman warga untuk mencari makan. Diduga kawanan babi hutan tersebut kesulitan mendapatkan makan umbi-umbian hutan di musim kemarau seperti sekarang.

Video warga yang merekam kedatangan kawanan babi hutan tersebut viral di media sosial.

Menurut Ade Mumung, warga Desa Cisaga, empat ekor babi hutan tersebut terpergok warga melintas di dekat lapangan voli desa. "Satu ekor babi berukuran besar sedangkan tiga ekor lainnya berukuran lebih kecil," kata Ade saat dihubungi, Sabtu (22/7/2023).

Menurut Ade, dalam sebulan ini sudah ada tiga kali kejadian serupa, yaitu kawanan babi hutan yang masuk ke daerah tersebut. "Sebelumnya juga memang beberapa kali kawanan babi hutan itu masuk ke permukiman warga," tambahnya.

Ia menduga kawanan babi hutan yang masuk ke permukimam warga itu karena sudah memasuki musim kemarau, jadi stok makanan di habitatnya menipis. "Jadilah mereka mencari makanan sampai ke permukiman warga," imbuhnya.

Sudah ada tiga ekor babi hutan yang berhasil ditangkap oleh warga dan pemerintah desa setempat dengan cara dijaring dan ditembak.

"Tinggal satu ekor lagi yang masih kecil tidak tahu kabur ke mana," katanya.

Warga diimbau untuk lebih waspada lagi terhadap ancaman kawanan babi hutan yang masuk ke permukiman warga. Pemerintah desa setempat juga harus bisa mengantisipasi agar hal serupa tidak terjadi kembali.

Sumber: Tribun Jabar

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat