androidvodic.com

TNI Kirim Tambahan Bantuan Untuk Masyarakat di 2 Distrik Papua Tengah yang Terdampak Kekeringan - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan telah mengirimkan bantuan kemanusiaan kedua untuk masyarakat di dua distrik di Papua Tengah yang saat ini mengalami kekeringan.

Yudo mengatakan bantuan tersebut dikirimkan pada Selasa (25/7/2023) pagi.

Hal tersebut disampaikannya usai meluncurkan buku berjudul Perang Rusia-Ukraina: Perspektif Intelijen Strategis Februari - September 2022 di Perpustakaan Nasional Jakarta pada Selasa (25/7/2023).

Baca juga: Panglima TNI Kirim Sembako untuk Warga Terdampak Kekeringan di 2 Distrik di Papua Tengah

"Bantuan kemanusiaan yang kemarin kita kirim dan hari ini tadi pagi kita kirim juga lagi tambahan di sana di Ilaga yang sekarang lagi musim dingin kekeringan sehingga banyak tanaman yang mati," kata Yudo.

"Sehingga berdampak pada kekurangan bahan makan di sana. Sehingga kemarin Mensos mengirim, kami juga mengirim dan sudah sampai disana," sambung dia.

Ia juga membantah penyaluran bantuan dari TNI dan Kemensos dihambay oleh gangguan Kelompok Separatis Teroris (KST) di Papua.

Baca juga: Luncurkan Buku Soal Perang Rusia-Ukraina, Panglima TNI Ingatkan Si Vis Pacem Para Bellum

Yudo mengatakan pasukan TNI telah berjaga di bandara sehingga bantuan kemanusiaan tidak terganggu. 

"Jadi nggak ada gangguan KST ada pasukan kita yang berjaga di sana, di bandara itu, dan bisa dikirim ke sana. Jadi isu tentang ada gangguan seperti itu tidak ada," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Yudo Margono mengirimkan bantuan kemanusiaan berupa sembako untuk warga terdampak bencana kelaparan atau kekeringan di dua Distrik di Kabupaten Puncak - Papua Tengah.

Bantuan logistik dari Yudo dikirim bersama bansos dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI menggunakan Pesawat Hercules TNI AU A-1327 melalui Base Ops Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta timur pada Senin (24/7/2023).

Bantuan tersebut untuk menindaklanjuti surat keputusan Bupati Puncak Willem Wandik Nomor 300.2/28/tahun 2023 tanggal 7 Juni 2023 yang menetapkan status tanggap darurat bencana kelaparan/kekeringan di Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi terhitung mulai 7 Juni sampai 7 Agustus 2023.

"Adapun Bantuan Sosial (Bansos) dari Panglima TNI maupun dari Kemensos RI itu berupa: Beras, mie instan, sembako, makanan siap saji, tenda gulung, sarden, cornet, biscuit, sosis, abon, pakaian dan selimut," kata Kapuspen TNI Laksda Julius Widjojono ketika dikonfirmasi pada Senin (24/7/2023).

"Total bansos yang dikirim itu seberat 12.515 Kg menggunakan Pesawat Hercules TNI AU A-1327 dengan crew sebanyak 13 Personel, sebagai pilot Mayor Pnb Putut, Co Pilot Ltt Pnb Gazha dan Ltd Pnb Agung dan Navigator Kapten Nav Gia, berangkat dengan route dari HLP – HND (PTM) – YKU (Lanud Yohanes Kapiyau Timika)," sambung dia.

Baca juga: Pangdam V Brawijaya: Babinsa Inspiratif Merupakan Ujung Tombak TNI AD

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat