androidvodic.com

Profil Bahtiar, Disebut-sebut Kandidat Kuat Pj Gubernur Sulsel, Dikenal Birokrat Komplit - News

News,  JAKARTA - Saat ini mengemuka lima nama kandidat calon Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) pengganti Andi Sudirman Sulaiman.

Seperti diketahui, jabatan Andi Sudirman akan berakhir pada 5 September 203 nanti.

Jadi secara otomatis jabatan tersebut  akan diisi oleh penjabat sementara sembari menunggu kepala daerah definitif yang akan dipilih melalui Pilkada serentak pada 2024.

Lima kandidat itu tokoh yang mengemuka di Sulsel.

Namun satu kandidat yang namanya mengemuka dari pusat adalah seorang pejabat di Kementerian Dalam Negeri yakni  Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Bahtiar.

Sejumlah nama memang masuk bursa Pj Gubernur Sulsel.

Namun, berdasarkan aspirasi masyarakat setempat, lingkungan Pemda di Sulsel, hingga disodorkan sejumlah fraksi di DPRD Sulsel, birokrat kelahiran Bone, Sulsel itu keluar sebagai kandidat terkuat.

Baca juga: Profil 17 Gubernur yang Masa Jabatannya Habis Tahun 2023, Gubernur Sulsel Termuda

Nama-nama kandidat itu kemudian bakal diajukan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian setelah DPRD Sulsel menggelar rapat paripurna untuk menetapkan 3 nama calon Pj Gubernur Sulsel.

Rapat paripurna itu diagendakan berlangsung pada hari ini, Kamis (3/8/2023).

Sebelumnya Mendagri Tito Karnavian sudah menyurati Ketua DPRD di 10 daerah yang masa jabatan gubernur dan wakil gubernurnya akan berakhir pada September 2023 mendatang.

Mereka diminta untuk mengirimkan 3 nama yang diusulkan mengisi posisi Pj Gubernur, termasuk Pj Gubernur Sulsel.

Profil Singkat Bahtiar

Bahtiar, pria kelahiran 16 Januari 1973 itu merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin pada tahun 1992.

Kemudian, Bahtiar mulai menggeluti dunia kepemerintahan saat ia menempuh Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri pada 1995.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat