androidvodic.com

Indopol: Tingkat Keterpilihan Partai di Jatim Dipengaruhi Figur Capres yang Diusung pada 2024 - News

News, SURABAYA - Elektabilitas PDIP berdasarkan peta kekuatan parpol di Jawa Timur saat ini dinilai masih unggul daripada parpol lain.

Setidaknya hal itulah yang terekam dalam hasil survei terbaru yang dirilis lembaga Indopol Survey and Consulting di Jawa Timur pada Juli 2023.

Dari potret survei yang dilakukan terbaca bahwa di mata masyarakat Jatim, tingkat keterpilihan partai dipengaruhi besar oleh figur capres yang akan diusung di Pilpres 2024.

Dikutip dari TribunJatim.com, survei yang dilakukan kali ini bertajuk Dinamika Elektoral Partai Politik dan Calon Gubernur di Jawa Timur Menjelang Pemilu 2024.

Survei ini dilakukan dengan metode Multistage Random Sampling. Adapun jumlah responden sebesar 820 yang tersebar di 38 kota/kabupaten di Jawa Timur, dengan margin of error ± 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Direktur Indopol Survey and Consulting, Fauzin menjelaskan, berdasarkan hasil survei tersebut, pihaknya mendapati elektabilitas PDIP unggul dengan perolehan angka 30,85 persen.

"Jika pemilu digelar saat survei dilakukan, elektabilitas partai politik di Jawa Timur pertama adalah PDIP," kata Direktur Indopol Survey and Consulting, Fauzin di kantornya, Jalan Jemursari Selatan IV Surabaya, Senin (7/8/2023).

Keunggulan PDIP ini juga terjadi pada tingkat popularitas partai.

Tingkat kepopuleran PDIP dalam survei yang sama, berada di angka 90,49 persen. Baik popularitas maupun elektabilitas PDIP relatif unggul.

Sementara di urutan kedua dari sisi elektabilitas bertengger Partai Gerindra dengan angka 20,61 persen.

Selanjutnya di posisi ketiga ada PKB dengan elektabilitas 14,63 persen. Kemudian yang mengejutkan adalah Partai NasDem.

Dalam survei tersebut, dengan elektabilitas 8,78 persen, partai besutan Surya Paloh tersebut berada di posisi keempat. Kemudian di bawah NasDem, ada Partai Golkar dengan angka 7,44 persen.

Tingkat keterpilihan parpol di Jawa Timur tersebut disinyalir juga dipengaruhi oleh figur capres.

Sebab, dari hasil survei tersebut, responden menyatakan memilih parpol dengan pertimbangan figur capres yang diusung maupun didukung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat