androidvodic.com

3 Anggota KKB yang Gagal Tembak Warga di Distrik Dekai Papua Diamankan - News

News, PAPUA - Tiga anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, masing-masing LK (20), WK (20) dan AN (14) ditangkap polisi.

Ketiga anggota KKB ini sebelumnya sempat melakukan penembakan terhadap warga berinisial SE di Distrik Dekai, pada Jumat (11/8/2023) malam.

Baca juga: Dua Anggota KKB Penyerang Anggota Brimob di Kabupaten Yahukimo Dibawa ke Polda Papua

Namun senjata api yang digunakannya tak berfungsi hingga akhirnya korban selamat dari insiden tersebut.

Sementara ketuga pelaku itu kabur usai kejadian.

SE kemudian melapor ke Polres Yahukimo.

Aparat keamanan bergerak menyisir lokasi dan berhasil mengamankan ketiga anggota kKB tersebut.

Turut disita juga barang bukti berupa senjata api rakitan dan senjata tajam.

"Kami mengamankan LK (20), WK (20) dan AN (14) beserta barang bukti senjata api rakitan laras pendek dan alat tajam," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo, melalui keterangan tertulis, Sabtu (12/8/2023).

Menurut Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo, peristiwa itu bermula ketika para pelaku berniat melakukan penembakan terhadap SE, di Distrik Dekai, pada Jumat (11/8/2023) malam.

Namun saat itu senjata api rakitan para pelaku gagal meletus.

SE berhasil selamat, sedangkan pelaku langsung kabur.

Baca juga: Detik-detik Markas KKB Papua di Yahukimo Diserbu, Baku Tembak Tak Terhindarkan, Dua Separatis Tewas

"Korban selamat dari aksi penembakan tersebut dikarenakan senjata api yang digunakan pelaku tidak berfungsi atau tidak meledak sehingga korban langsung masuk ke dalam rumah, sedangkan para pelaku melarikan diri," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo, melalui keterangan tertulis, Sabtu (12/8/2023).

Situasi di Distrik Dekai

Untuk diketahui, situasi keamanan di Distrik Dekai kurang kondusif dalam waktu beberapa pekan terakhir.

Pada 31 Juli 2023, terjadi aksi penyerangan pos Brimob oleh KKB.

Dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), tersangka penyerangan terhadap anggota Brimob di Kabupaten Yahukimo pada November 2022 lalu berinisial AS (25) selaku bendahara Kampung Peneki dan KG alias KB (27) merupakan mahasiswa beserta barang bukti digiring ke Polda Papua.
Dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), tersangka penyerangan terhadap anggota Brimob di Kabupaten Yahukimo pada November 2022 lalu berinisial AS (25) selaku bendahara Kampung Peneki dan KG alias KB (27) merupakan mahasiswa beserta barang bukti digiring ke Polda Papua. (Tribun-Papua.com/Istimewa)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat