androidvodic.com

Kebakaran di Gunung Jayanti Sukabumi Berhasil Dipadamkan - News

News - Lahan di Gunung Jayanti di dekat Perum Tamansari, palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat, terbakar sejak Jumat (22/9/2023) siang.

Diduga, kebakaran terjadi karena adanya warga yang membakar lahan di kaki Gunung Jayanti.

"Si orang itu lari ke depan ke arah BMKG, udah itu aja, gak lihat lagi. Enggak dikejar. Cowok yang bakarnya, bapak-bapak," kata seorang warga, Beri (45), di lokasi.

Api pun terlihat membesar dan merembet ke atas karena besarnya tiupan angin.

Petugas gabungan dari Damkar, TNI, dan Polri pun berjibaku melakukan pemadaman.

Beruntung, api bisa dipadamkan pada Sabtu (23/9/2023) dini hari.

Baca juga: Kebakaran di Hutan Gunung Lawu Belum Padam, Ini Dugaan Penyebabnya

Diketahui, kebakaran tersebut terjadi di dekat Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Observatori Palabuhan Ratu.

"Alhamdulillah semalam kurang lebih pukul 3 pagi, alhamdulillah lokasi Gunung Jayanti sudah padam, rekan-rekan juga dari semalam melakukan pengendalian karena memang dari sisi jangkauan juga agak sulit," ujar Kalak BPBD Kabupaten Sukabumi, Wawan Godawan.

Wawan menjelaskan, api padam dengan sendirinya karena petugas kesulitan menjangkau lokasi kebakaran.

"Pertama medannya sangat terjal hampir 90 derajat kemiringannya. Kemudian juga memang kondisinya agak susah dijangkau terutama untuk mobil pemadam kebakaran," jelasnya.

Menurutnya, meskipun petugas gabungan sudah kembali ke satuannya masing-masing, saat ini masih dilakukan pemantauan karena masih terdapat kepulan asap di beberapa titik, yang dikhawatirkan kembali terjadi kebakaran.

"Hari ini saya bersama rekan rekan ada dari unsur TNI dan Polri juga semalam memang sepakat kita melakukan pemantauan, karena khawatir juga cuaca ini menjadi pemicu lagi untuk percikan api memicu lagi sisa api semalam nyala lagi. Kami melakukan pemantauan ada dua titik asap yang kita pantau hari ini, mudah-mudahan ini secepatnya padam," ucapnya.

Wawan menyebut, sekitar 10 hektare lahan mulai dari kaki sampai ke atas Gunung Jayanti yang terbakar.

"Luasan memang sedang kita hitung karena di sekitar sini ada dua lokasi yang terbakar, pertama di kaki Gunung Jayanti seputar Tamansari dan di Gunung Jayantinya kurang lebih 10 hektar dan masih dihitung," kata Wawan.*

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Kebakaran di Gunung Jayanti Sukabumi Padam, Masih Ada Kepulan Asap, BPBD Catat 10 Hektare Terbakar

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat