androidvodic.com

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Ganjar Milenial Center Gandeng Anak Muda Banjarnegara Berdayakan SDA - News

Laporan Wartawan News, Fransiskus Adhiyuda

News, JAKARTA - Sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Ganjar Milenial Center (GMC) Jawa Tengah menggelar pelatihan pembibitan ikan air tawar di Desa Sawal, Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara, Minggu (24/9/2023).

Pelatihan digagas untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Banjarnegara dengan memanfaatkan sumber daya alam (SDA) yang ada.

Perwakilan GMC Jawa Tengah, Arifin Kusuma Wardani mengatakan pihaknya merangkul anak muda setempat dalam pelatihan tersebut.

"Tujuan dari pelatihan ini yang jelas Pak Ganjar ini kan sosok pemimpin yang dekat dengan kaum muda. Untuk itu, kaum muda suka dengan beliau, ini akan menjadi mercusuar ketahanan pangan," kata Arifin dalam keterangan yang diterima, Senin (25/9/2023).

"Salah satunya untuk meningkatkan gizi masyarakat dengan mengonsumsi ikan. Ini selaras dengan program Pak Ganjar di Jawa Tengah, yaitu pencegahan stunting," sambungnya.

Baca juga: Hanura: Ganjar Harus Gandeng Pakar Agar Gagasan Tidak Jadi Pepesan Kosong

GMC mengajak para peserta untuk dapat memanfaatkan sumber daya alam seperti halnya sumber mata air untuk pembibitan ikan.

Selain untuk menyalurkan hobi, pembibitan ikan juga dinilai dapat peningkatan perekonomian masyarakat desa.

Kesempatan itu dimanfaatkan GMC untuk mengedukasi para peserta mengenai cara pembibitan ikan air tawar yang baik dan benar.

Para peserta pun diajak terjun langsung praktik pembibitan ikan air tawar dengan melepas ratusan bibit ikan ke dalam kolam.

Kemudian para peserta juga diajak melakukan praktik memberi pakan ikan.

Baca juga: Sekjen PDIP Beri Sinyal Cawapres Ganjar Pranowo dari Kalangan Perempuan: Tunggu Tanggal Mainnya!

"Karena kami regenerasi perikanan ini kan cenderung yang melakukan yang tua-tua, ini adalah regenerasi salah satu bentuk kepedulian teman-teman GMC untuk mengembangkan potensi ekonomi melalui pembibitan ikan air tawar," jelas Arifin.

Dikutip dari baperlitbang.banjarnegarakab.go.id, komoditas perikanan yang diunggulkan di Kabupaten Banjarnegara meliputi ikan gurami, lele, patin dan nila.

Hanya saja gurami dan nila kini menjadi komoditas utama dan ikon Banjarnegara di bidang perikanan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat