androidvodic.com

Presiden Joko Widodo Sebut Tarif Kereta Cepat Whoosh Sekitar Rp250 Ribu sampai Rp350 Ribu - News

TRUBUNNEWS.COM, BANDUNG BARAT - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) alias Kereta Cepat Whoosh sekitar Rp250.000 - Rp300.000.

Tarif KCJB tersebut hingga kini belum diputuskan atau ditentukan secara resmi, sehingga masyarakat masih bisa menjajal kereta cepat tersebut secara gratis hingga beberapa hari kedepan.

"Untuk tarif nanti kita segera putuskan, tapi kurang lebih antara Rp 250 ribu sampai Rp 350 ribu," ujar Jokowi saat memberikan keterangan di Stasiun Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Senin (2/10/2023).

Baca juga: Mengenal Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh: Rute, Waktu Tempuh, dan Tarif

Dengan belum ditentukannya tarif resmi KCJB itu, kata Jokowi, maka penggunaan kereta cepat secara gratis tersebut diperpanjang hingga pertengahan Oktober 2023 mendatang.

"Kita perpanjang untuk gratisnya, kira-kira sampai pertengahan bulan. Setelah itu baru diputuskan bayarnya berapa, baru operasionalnya bayar," kata Jokowi.

Besaran tarif yang akan segera diputuskan tampaknya sebanding dengan fasilitas, kecepatan, dan kenyamanan kereta cepat tersebut, bahkan Jokowi yang sudah tiga kali mencoba pun terus memuji soal kenyaman KCJB ini.

"Saya sudah tiga kali (naik KCJB), rasanya sama cepat dan nyaman. Tadi hanya 29 menit dari Stasiun Halim ke Stasiun Padalarang," ucapnya.

Meski tarif KCJB sudah dibocorkan, Jokowi enggan membicarakan soal untung rugi terkait proyek KCJB ini karena yang terpenting menurut dia, semua masyarakat bisa dilayani dengan baik dan dilayani dengan cepat.

"Soal teknis seperti itu (keuntungan) ditanyakan ke KCIC. Yang paling penting rakyat dilayani dengan baik dan rakyat dilayani dengan cepat karena fungsi dari transportasi massal itu disitu, bukan untung dan rugi," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, terkait adanya transportasi massal ini merupakan kewajiban dari pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat agar tidak semuanya tidak menggunakan mobil pribadi.

Baca juga: Makna Logo Mirip Huruf W di Badan Kereta Cepat Whoosh

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, harga tiket Kereta Cepat Jakart Bandung masih gratis pada saat peresmian, Senin (2/10/2023).

"Tapi saya kira belum akan bayar karena butuh beberapa waktu lagi, biar rakyat menikmati lah," kata Luhut dilansir dari Kompas.com, Minggu.

"Tapi saya kira belum akan bayar karena butuh beberapa waktu lagi, biar rakyat menikmati lah," kata Luhut dilansir dari Kompas.com, Minggu.

Akan tetapi, Luhut belum bisa memastikan sampa kapan tiket Kereta Cepat pertama di Indonesia itu akan digratiskan.

Baca juga: Mulai Besok Kereta Cepat Whoosh Gratis untuk Masyarakat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat