androidvodic.com

DPRD Riau Sidang Paripurna terkait Pengunduran Diri Syamsuar sebagai Gubernur Riau - News

News, PEKANBARU - Syamsuar mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Gubernur Riau. DPRD Riau hari ini Kamis (5/10/2023) menggelar paripurna untuk mengumumkan pengunduran diri Syamsuar.

Diketahui masa jabatan Syamsuar sebagai Gubernur Riau akan berakhir pada Desember 2023 mendatang.

Namun Syamsuar memilih mengundurkan diri sebelum masa jabatannya berakhir karena dia akan mencalonkan diri sebagai bakal calon anggota DPR RI.

Usulan pengunduran diri Gubernur Riau Syamsuar hingga saat ini masih berproses di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau.

Baca juga: Sosok Bupati Meranti Kena OTT KPK, Pernah Dapat Gelar Ningrat hingga Deklarasi Calon Gubernur Riau

Plt Kepala Biro Tata Pemerintahan (Tapem) Setdaprov Riau, Elly Wardani mentakan hari ini dijadwalkan sidang paripurna terkait pengunduruan diri Syamsuar.

Namun Elly tidak bisa memastikan siapa saja undangan dari Pemprov Riau yang akan hadir dalam rapat paripurna pengunduran diri Gubernur Riau Syamsuar, Kamis (5/10/2023).

"Iya, tapi saya tidak tauu siapa saja yang diundang," kata Elly yang juga menjabat sebagai Kepala Biro Hukum Setdaprov Riau in, Rabu (4/10/2023).

Elly menjelaskan, setelah DPRD Riau menggelar rapat paripurna pengumuman pengunduran diri Gubernur Riau Syamsuar, maka tahapan selanjutnya adalah DPRD Riau mengirim surat ke Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) RI.

"Setelah itu, Mendagri akan bersurat ke pak presiden untuk memproses surat pemberhentiannya," ujarnya.

Seperti diketahui, Syamsuar sudah melayangkan surat pengunduran diri sebagai Gubernur Riau kepada DPRD Riau beberapa waktu lalu.

Syamsuar mengundurkan diri sebagai Gubernur Riau sebelum masa akhir jabatannya Desember 2023 mendatang, karena akan maju sebagai Caleg DPR RI dari Dapil Riau I.

Baca juga: BEM Nusantara Riau Berharap Pemilu 2024 Hasilkan Pemimpin Berintegritas dan Pemersatu Bangsa

Syamsuar akan masuk Daftar Caleg Tetap (DCT) yang diumumkan pada 4 November 2023 mendatang.

Tepat di tanggal tersebut Syamsuar resmi mengakhiri masa tugasnya sebagai Gubernur Riau.

"Surat pengunduran diri sudah ada. Sesuai aturan kan surat pengunduran diri itu disampaikan ke KPU pusat. Itu sudah saya sampaikan," katanya, Jumat (29/9/2023) lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat