androidvodic.com

Sumur Warga Mengering, Pena Mas Ganjar Penuhi Kebutuhan Air Bersih di Desa Caruban Kendal - News

News, JAKARTA - Warga berbondong-bondong mendekati truk tangki yang membawa air bersih di Desa Caruban, Kecamatan Ringinarum, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (21/10/2023).

Mereka pun mengantre dengan menyiapkan tempat air seperti jerigen atau botol berukuran besar untuk mendapatkan air bersih.

Truk tangki pembawa air bersih tersebut sengaja disediakan sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Pena Mas Ganjar.

Baca juga: Komunitas Seni Kudus Apresiasi Pameran Lukis Relawan Pena Mas Ganjar

Ketua RW 004 Desa Caruban, Romadhon mengungkapkan, selama musim kemarau warga di wilayahnya hanya mengandalkan sumur bor untuk mendapatkan air besih.

Namun, sumur yang digunakan warga mengalami penurunan drastis dari jumlah debit air yang biasa didapatkan.

“Biasanya di sini pakai sumur bor. Kebetulan kalau musim kemarau alirannya kecil, jadi untuk dikonsumsi sangat minim,” kata Romadhon dilansir dari keterangan yang diterima.

Karena itu, Romadhon mengungkap terima kasih kepada sukarelawan Pena Mas Ganjar yang telah hadir untuk memberikan perhatian dan kepeduliannya kepada warga terkait kebutuhan air bersih.

Baca juga: Berbagi Air Bersih Ringankan Masyarakat yang Alami Kekeringan di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah

“Alhamdulillah ini sangat membantu untuk warga, untuk mengatasi kekeringan di musim kemarau ini, semoga bisa bermanfaat,” ucap Romadhon.

Sementara itu, Hamzah Bastian selaku penanggungjawab Pena Mas Ganjar mengatakan, bantuan air bersih diberikan sebagai respons atas kekeringan dan kesulitan air bersih yang terjadi akibat musim kemarau berkepanjangan.

“Dari yang kita survey kemarin bahwa di daerah ini sulit air dan kekeringan jadi kita lebih memprioritaskan warga di sini untuk mendapatkan air bersih,” ujar Hamzah.

Adapun bantuan air bersih sebanyak 2 tangki air itu diberikan Pena Mas Ganjar kepada warga RW 004 Desa Caruban secara gratis.

Hal itu dilakukan guna membantu warga ihwal kebutuhan air bersih untuk keperluan sehari-hari dalam rumah tangga, seperti minum dan masak.

“Alhamdulillah antusias warga sangat luar biasa. Ini mengumpulkan beberapa warga di sini yang sedang kekeringan dan alhamdulillah warganya banyak yang datang ke sini,” kata Hamzah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat